oleh

Menkes Takjub Dengan Kemewahan RSUD Mimika

TIMIKA – Usai berkunjung dari Kabupaten Asmat, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek berkesempatan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Kamis (25/1) kemarin.

Kedatangan Menkes Nila didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giyai dan disambut Direktur RSUD Mimika, dr Evelyn Pasaribu, MMKes serta jajaran manajemen dan pegawai RSUD Mimika.

Menkes tidak mengunjungi setiap ruangan yang ada. Ia hanya melintas di sepanjang koridor utama dan akhirnya kembali. Direktur RSUD yang mendampinginya menunjukkan fasilitas atau ruang perawatan yang dimiliki rumah sakit, dengan status akreditasi bintang empat atau tingkat utama itu.

Menkes menilai fasilitas yang dimiliki RSUD Mimika sudah mulai bagus. Apalagi yang membuatnya takjub adalah, gedungnya yang dinilai cukup ‘mewah’ untuk rumah sakit di tingkat kabupaten.

Kadinkes Papua, Aloysius Giyai juga memberikan apresiasi bagi direktur RSUD sekarang ini yang mulai melakukan penataan. Bahkan bisa membawa RSUD meraih akreditasi tingkat utama. Ia mendorong, pada akreditasi berikutnya RSUD Mimika bisa meraih akreditasi paripurna.

Kemungkinan ditambahkan Aloysius, jika akses darat dari Timika sudah terhubung dengan wilayah Paniai dan Enarotali, maka rumah sakit rujukan bukan lagi ke Nabire tapi ke Mimika, dimana RSUD Mimika sebagai rujukan regional.

Direktur RSUD Mimika, dr Evelyn mengungkapkan pasien yang dilayani tidak hanya rujukan dari Puskesmas di Mimika saja tapi juga dari Kabupaten Asmat. Termasuk sekarang ini, ketika Asmat terserang wabah gizi buruk dan campak, ada beberapa pasien yang dirawat di RSUD Mimika.

Pasien rujukan dari Asmat diungkapkan Evelyn pada setiap bulan rata-rata 20 orang. “Bahkan ada rumah singgahnya dan ambulans, itu rata-rata 20 orang per bulan rujukan dari Asmat,” paparnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *