oleh

45.568 Jiwa OAP Sudah Terdata di Mimika

TIMIKA – Sesuai instruksi dari Gubernur Papua, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pendataan terhadap Orang Asli Papua (OAP). Pendataan sudah mencapai sekitar 75 persen dan hasilnya sudah sekitar 45.568 jiwa OAP yang terdata.

Kepala Disdukcapil Mimika, Ir John Wicklif Tegai, MM yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/1) kemarin mengungkapkan untuk pendataan ini, pihaknya membuat aplikasi khusus, dengan menghimpun data berupa nama marga asli Papua. Pada tahap awal pendataan fokus pada 7 suku.

Aplikasi khusus OAP ini sambungnya, akan disandingkan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), tapi belum bisa dilakukan dan rencananya baru dilakukan tahun ini. Makanya dalam proses pendataan OAP masih dilakukan secara manual tapi menggunakan aplikasi yang sudah dibuat.

“Sejak Desember kita sudah lakukan tapi kita masih fokus pada data 7 suku, ini sudah kita lakukan 75 persen ada sekitar 45.568 jiwa,” ungkap John.

Dijelaskannya, aplikasi khusus OAP akan disandingkan dengan SIAK, agar ketika ada pendaftaran maka secara otomatis akan terkoneksi dan masuk dalam data OAP. Hanya saja, masih perlu adanya update dan verifikasi, karena adanya kesamaan marga antara misalnya Suku Amungme dan suku lain dari luar Papua.

Meskipun nantinya sudah terkoneksi dengan SIAK tambahnya, namun, Disdukcapil juga masih tetap turun langsung ke wilayah distrik pedalaman, yang mana masyarakatnya belum melakukan pendaftaran.

Ditargetkan, pendataan OAP bisa rampung pada semester pertama tahun ini. Tidak hanya OAP dari 7 suku tapi juga dari Papua lainnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *