oleh

DPP Partai Hanura Sah Dukung Willem Wandik dan Alus UK Murib

JAKARTA – Hasil klarifikasi terkait dukungan DPP Partai Hanura yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Puncak, bersama dengan KPU Provinsi Papua ke DPP Partai Hanura di Jakarta, sesuai dengan keputusan Panwaslu Kabupaten Puncak, menghasilkan putusan bahwa DPP Partai Hanura yang benar dan sah adalah mendukung pasangan calon Bupati Puncak periode 2018-2023 atas nama Willem Wandik dan Alus UK Murib.

Hal tersebut tertuang dalam klarifikasi yang dihadiri oleh Sekjen Hanura, Herry Lontung Siregar, di Sekretariat DPP Hanura, City Tower, lantai 18, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (7/3) malam.

Usai dilakukan klarifikasi oleh KPUD Puncak, dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara dengan Nomor: 14/BA/KPU-PUNCAK/III/2018, tentang Penegasan Dukungan Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura pada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Puncak periode 2018-2023, dimana dalam berita acara tersebut tertuang bahwa dukungan DPP Partai Hanura sudah jelas sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan pada 9 Januari 2018 lalu SKEP./086/DPP/Hanura/I/2018, tentang calon Bupati dan Wakil Bupati Puncak, dimana dukungan Partai Hanura sudah sah jatuh ke tangan Willem Wandik dan Alus UK Murib.

Hadir dalam klarifikasi tersebut, KPUD Puncak yang dihadiri oleh Ketua KPUD Puncak, Erianus Kiwak dan anggota KPUD Puncak, Manase Wandik dan beberapa anggota lainnya, serta dari KPU Provinsi Papua, Beatrix Wanane dan Tarwinto, serta kuasa hukum KPU Provinsi Papua dan KPUD Puncak, Piter Ell, dan juga pasangan calon Bupati Puncak, Willem Wandik dan calon Wakil Bupati Puncak, Alus UK Murib.

“Saya sampaikan bahwa surat keputusan dari DPP Partai Hanura sudah sah kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Puncak, Willem Wandik dan Alus UK Murib. Tidak ada dukungan lain lagi yang Hanura keluarkan. Kalau ada, itu bukan dari Hanura,” tegas Herry Lontung siregar.

Bahkan Herry Lontung merasa kaget, sebab persoalan dukungan Partai Hanura untuk Kabupaten Puncak masih diperdebatkan terus, padahal sejak verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPUD Puncak, sudah jelas bahwa dukungan Partai Hanura kepada Wandik dan Murib.

Dengan adanya berita acara tersebut, maka persoalan dukungan Partai Hanura untuk Pilkada Kabupaten Puncak, sudah selesai dan sah serta final secara hukum, dimana dukungan Partai Hanura tetap kepada pasangan Wandik-Murib, bukan pasangan lain.

Sementara itu, Ketua KPUD Puncak, Erianus Kiwak mengatakan, bahwa pihaknya menempuh jalur klarifikasi ini, lantaran sidang putusan dari Panwaslu Puncak di Timika, salah satu poin adalah meninjau kembali dukungan dua partai yakni Hanura dan PAN ke Jakarta.

Atas dasar putusan Panwaslu tersebut, sempat juga membuat polemik di masyarakat, sehingga salah satu solusi dan atas pertimbangan dari KPU Provinsi Papua dan pusat, maka dilakukan klarifikasi ulang ke kedua partai ini untuk sekadar memastikan saja. Dan, lanjut Erianus, hasilnya sudah diketahui dimana dukungan Partai Hanura adalah ke pasangan Willem Wandik dan Alus UK Murib.

“Kita besok (hari ini, red) rencana klarifikasi lagi ke PAN, jika sudah selesai, maka tahapan Pilkada sudah harus dilaksanakan, kita terkejar dengan waktu,” tambahnya.

Sementara itu, Calon Bupati Puncak, Willem Wandik menyambut baik hasil klarifikasi yang dilakukan oleh KPUD Puncak. Dengan cara ini maka masyarakat bisa tahu bahwa dukungan Partai Hanura sebenarnya kepada dirinya dan Alus UK Murib.

“Partai punya hak untuk menentukan dukungan mereka. Kami sebagai calon tidak punya hak untuk intervensi keputusan partai. Itu rumah tangga sendiri, sehingga ketika partai tentukan siapa calon yang mereka dukung, kita sebagai calon harus terima, jangan paksa, dan hasil hari ini (tadi malam, red) sudah jelas bahwa dukungan kepada kami,” tambahnya.

Willem Wandik berharap, agar pendukungnya tetap tenang, sebab dengan langkah yang ditempuh oleh KPUD Puncak ini, merupakan salah satu tahapan untuk memberikan pendidikan politik, bahwa jangan mencampuri urusan partai.

Di satu sisi lembaga pelaksana Pemilu juga harus independen tidak memihak, jika semua sudah melaksankana tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, maka pesta demokrasi di Kabupaten Puncak bisa berlangsung dengan aman dan damai.

“Saya tegaskan lagi bahwa Kabupaten Puncak pada Pilkada 2018-2023 hanya calon tunggal, dan tahapan Pilkada sudah kita lalui, kita akan tetap lanjutkan sesuai dengan agenda KPUD Puncak,” tambahnya.(tim media Wandik-Murib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *