oleh

Mendikbud: Server UNBK Overload

TIMIKA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP yang mulai digelar Senin (23/4) di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Mimika.

Dari lima sekolah yang dikunjungi, hanya dua sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yaitu SMP Negeri Sentra Pendidikan dan SMP Negeri 2 Mimika. Sementara dua sekolah lainnya yaitu SMP Negeri 3 Mimika dan SMP YPPK St Bernadus masih menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Gangguan terjadi pada pelaksanaan UNBK yang dialami sejumlah daerah termasuk Mimika. Mendikbud yang ditemui disela-sela kunjungannya di SMP Negeri 2 Mimika, salah satu sekolah pelaksana UNBK mengatakan, gangguan terjadi pada server, namun hanya berlangsung selama setengah jam. Setelah itu UNBK bisa dilanjutkan.

“Kapasitasnya sangat overload karena tahun ini terjadi pelonjakan peserta ujian nasional, SMP yang ikut meningkat dibanding tahun lalu, sehingga kapasitasnya tidak memadai, diluar perkiraan kita,” ujarnya.

Ia mengatakan, hal ini akan menjadi evaluasi dan diharapkan tidak terjadi lagi tahun depan. Namun ditegaskannya, gangguan server tidak menganggu ujian nasional karena jadwal sekarang sangat fleksibel termasuk pembagian shift.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *