oleh

Pasangan HAM Dianulir

TIMIKA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua menetapkan status pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika dari jalur perseorangan yakni Pasangan Hans Magal – Abdul Muis (HAM) tidak memenuhi syarat.

Keputusan dengan nomor 17/HK.03.1Kpt/9109/KPU-Kab/V/2018 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan KPU Kabupaten Mimika nomor 12/HK.03.1Kpt/KPU-Kab/IV/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika Tahun 2018 tersebut adalah hasil Pleno tertutup KPU Provinsi Papua pada tanggal 7 Mei 2018 lalu yang ditanda tangani oleh Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi.

Dijelaskan pada bagian menimbang poin (c) dimana DKPP RI menyatakan KPU Mimika keliru menetapkan UU No 10 Tahun 2016 Pasal 7 ayat (2) juncto Peraturan KPU RI Nomor 15 Tahun 2017 Pasal 5 ayat (1) huruf p dan sesuai dengan poin (d) berdasarkan pertimbangan KPU Provinsi Papua berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.91-2794 Tahun 2013 Tanggal 19 April 2013 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Mimika menjadi Bupati Mimika maka dalam poin (e) Pasangan HAM yang maju melalui jalur perseorangan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat karena pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Mimika.

Keputusan ini diumumkan pada Rabu (9/5) dari Jayapura melalui pesan singkat WhatsApp.

Komisioner KPU Provinsi Papua Bidang Hukum dan Pengawasan, Tarwinto melalui pesan singkat WhatsApp kepada wartawan mengatakan, keputusan tersebut baru diumumkan pihaknya karena sebelumnya KPU Provinsi Papua harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan aparat kepolisian. “Kita koordinasikan dulu sehingga pengumuman ini tidak berdampak dan agar tidak ada tindakan anarki yang menimbulkan korban kerugian masyarakat,” tulisnya.

Selain itu disebutkan kepada pasangan tersebut bisa mengajukan banding jika merasa dirugikan dengan dikeluarkannya SK No 17 tersebut. “Silahkan mencari keadilan melalui jalur hukum sebagaimana diatur dalam undang-undang,” imbuh dia.

Sehingga peserta Pilkada Mimika untuk sementara ini hanya diikuti 5 Paslon yakni Petrus Yanwarin – Alpius Edowai (PETRALED), Robertus Waoropea – Albert Bolang (RnB), Wilhelmus Pigai – Athanasius Allo Rafra (MUSA), Maria F Kotorok – Yustus Way (MARIUS) dan pasangan Eltinus Omaleng-John Rettob (OMTOB). (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *