oleh

Tingkatkan Disiplin, Pemkab Puncak akan Terapkan Absensi Sidik Jari

“Ini bukan saya yang tegas, tapi aturan yang mengatakan seperti itu. Jika tidak berada di tempat tugas, maka ada sanksi yang menanti, termasuk saya juga, kemarin saya masih kasih kesempatan jadi kalian masih santai, tapi tahun ini jika tidak berada di tempat tugas, tahan gaji, jika tiga bulan masih saja tidak ada di tempat tugas, maka kita pecat aja, masih banyak yang ingin jadi ASN,” tegasnya.

Lanjut Bupati, jika selama ini menggunakan absen manual, maka ASN yang tidak masuk kantor atau di luar daerah bisa meminta bantuan rekan ASN nya untuk absensi. Namun dengan sistem ini maka tidak mungkin ditiru sidik jari, begitu juga kalau izin sakit, maka harus ada surat dari dokter.

“Cara ini juga agar ada keadilan, tidak mungkin yang malas masuk kantor, TPB (Tambahan Penghasilan Bersyarat) sama dengan yang rajin masuk kantor, harus beda lah, harus ada keadilan, oleh sebab itu instrumen untuk menilai itu ada absen sidik jari,” tambahnya.

Kata Bupati, khusus untuk pimpinan OPD juga, soal perjalanan dinas untuk periode ini, perjalanan dinas dari OPD juga semua dipusatkan di Sekretaris Daerah (Sekda). Tidak seperti biasanya perjalanan dinas di masing-masing OPD, jika kegiatan ke Jakarta atau ke Provinsi, maka harus lampirkan undangan dari lembaga yang mengundang, baru biaya perjalanan dinas bisa dikeluarkan.

“Kalau perjalanan dinas di masing-masing OPD, maka pimpinan OPD seenaknya keluar daerah, maka dari itu untuk periode ini, semua biaya perjalanan dinas dari OPD kami pusatkan di Sekda. Ini juga demi penghematan anggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Puncak, Pelinus Balinal mengatakan dirinya akan melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan soal disiplin kepada ASN di lingkungan Pemkab Puncak, apel senin dan apel masing-masing OPD harus dilaksanakan. Misalnya awal Bulan atau hari Senin, akan dipimpin oleh Bupati atau Wakil Bupati, begitu juga apel Selasa hingga Jumat harus dilaksanakan oleh masing-masing OPD.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *