oleh

Bawaslu Ingatkan Kampanye Jangan Libatkan Anak-anak

TIMIKA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika, kembali mengingatkan kepada semua Calon Legislatif (Caleg) dan Partai Politik (Parpol), agar tidak melibatkan anak-anak dibawah usia untuk mengikuti agenda kampanye akbar maupun kampanye terbuka. Selain menyalahi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, dengan terlibatnya anak-anak dibawah umur, dikhawatirkan akan timbul masalah yang tidak diinginkan, yakni tidak ada jaminan atas keamanan anak-anak di tengah kerumunan massa.

“Untuk keterlibatan anak-anak sebenarnya tidak boleh, karena beresiko terhadap kondisi anak-anak itu sendiri. Dan tidak ada jaminan keselamatan jika terjadi apa-apa di tengah massa yang banyak di kampanye itu,” ujar Koordinator Divisi Pencegahan dan Penindakan Bawaslu Mimika, Imanuel Waromi saat dijumpai Radar Timika, Kamis (10/4) di Hotel Horison.

Disebutkan lagi, pada saat melakukan kampanye terbuka di lapangan yang besar, baik Caleg maupun Parpol diharapkan tidak melibatkan anak-anak dibawah umur. Hal ini dilakukan agar proses kampanye ini bisa berjalan dengan baik.

Dengan kehadiran massa pendukung dan simpatisan yang sangat banyak jelas Waromi, panitia kampanye tentu tidak bisa menghandle semua orang yang hadir untuk tertib. Dalam kampanye sendiri, ada oknum-oknum yang kemungkinan tidak tertib dan tidak mengikuti instruksi dari panitia kampanye. Untuk itulah, jika anak-anak terlibat dalam kampanye dikhawatirkan akan terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Walaupun sudah masuk dalam kategori pelanggaran kampanye, namun sebut Waromi, pihaknya sejauh ini belum melakukan tindakan. Sebab, menurutnya, belum ada laporan mengenai hal ini.

“Sebetulnya itu pelanggaran, tapi sejauh ini karena dalam pengawasan kami belum ada laporan terkait hal itu,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *