oleh

48,49 Persen Pelamar CPNS Tidak Lolos Berkas

TIMIKA – Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Mimika sudah mengumumkan hasil verifikasi berkas yang diajukan pelamar. Dari total 4.749 pelamar hampir separuh atau 48,49 persen atau 2.303 dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sementara 51,51 persen atau 2.446 berhak mengikuti tes selanjutnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Radar Timika dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mimika, Paskalis Kirwelakubun, Selasa (11/6) total pelamar sebanyak 4.749 orang.

Kemudian diklasifikasi sesuai formasi. Untuk pelamar orang asli Papua sebanyak 2.018 orang pelamar namun yang memenuhi syarat 1.480 orang dan 538 orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sementara formasi umum yang dikhususkan bagi kelahiran dan besar di Papua sebanyak 2.731. Tapi yang tidak lulus lebih banyak yakni 1.765 orang dan hanya 966 orang yang lulus.

Hasil seleksi administrasi atau berkas itu sudah ditandatangani oleh Pj Sekretaris Daerah Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT kemarin. Diungkapkan Paskalis, sebagian besar pelamar non Papua tidak lolos karena bukan lahir dan besar di Papua.

Marthen Paiding yang ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (11/6) usai memimpin apel pagi mengatakan pengumuman sebenarnya sudah bisa dicek langsung di portal SSCCN milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak Senin (10/6) lalu.

Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dikatakan Marthen sudah bisa mencetak kartu ujian secara online selama lima hari kedepan. Setelah itu panitia akan menjadwalkan proses pelaksanaan tes yang menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT). “Kita siapkan di SMP Negeri 2 Mimika,” ujar Marthen.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *