oleh

Tari Seka Sampai Lari 10 Kilometer Bakal Warnai HUT RI ke-74 di Mimika

TIMIKA – Selain upacara pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus 2019 mendatang, panitia merancang sejumlah acara dalam bentuk perlombaan yang melibatkan masyarakat umum untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Wakil Ketua 1 Panitia HUT RI ke-74, Cherly Lumenta, SE MSi usai memimpin rapat panitia di Kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (18/7) mengatakan sebulan jelang puncak peringatan HUT RI ke-74, persiapan panitia secara teknis sudah mencapai 50 persen.

Untuk bidang upacara seperti yang dipaparkan Komandan Denkav 3/SC, Mayor Kav Hanung Kaptiaji dalam rapat bahwa tahapannya sudah sampai pada latihan calon pasukan pengibar bendera. Sebanyak 35 orang siswa dari berbagai sekolah menjalani pelatihan di Markas Denkav-3/SC.

Mengenai kebutuhan Paskibra seperti seragam saat upacara dan latihan ditangani oleh PT Freeport Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya. Begitu juga dengan snack selama latihan sampai pada pengukuhan akan ditanggulangi oleh PT Pengembangan Jaya Papua. Uang pembinaan bagi seluruh Paskibra sudah disiapkan oleh Bank Papua.

Cherly menambahkan, tidak hanya fokus pada upacara, panitia juga mengagendakan beragam perlombaan dan kegiatan yang melibatkan masyarakat umum. Diantaranya jalan santai, lomba tari seka, lari 10 kilometer, cerdas cermat 4 pilar kebangsaan yang digagas Badan Kesbangpol, sayembara motif Papua Kamoro dan Amungme, pameran kearifan lokal, senam massal dan gerak jalan.

Anggaran yang dikelola panitia kata dia sangat kecil. Sehingga kegiatan seperti perlombaan bidang olahraga kebetulan merupakan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga digelar pada momen HUT RI.

Cherly berharap, badan usaha baik milik pemerintah maupun swasta yang ada di Timika bisa mengambil bagian. “Nanti kita pendekatan juga dengan bank yang lain, bank swasta untuk support,” ujar Cherly Lumenta.

Untuk memulai semua kegiatan, panitia akan merampungkan seluruh kegiatan dan kebutuhan setiap bidang. Ketika sudah siap barulah ditentukan waktu kapan dimulainya kegiatan terutama perlombaan yang harus dilakukan sebelum 17 Agustus.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *