oleh

Dukung Provinsi Papua Tengah, Lemasa Siapkan Lahan

TIMIKA – Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa) sangat mendukung pembentukan Provinsi Papua Tengah. Pasalnya pembentukan provinsi tersebut merupakan mimpi besar masyarakat Suku Amungme dan Suku Kamoro yang menempati tanah Amungsa.

Ketua Lemasa, Karolus Tsunme ketika ditemui Radar Timika di kantornya, Senin (4/11) mengatakan, Lemasa 100 persen siap mendukung pembentukan Provinsi Papua Tengah.

Ia menyebutkan, Lemasa dan Lemasko sebagai pemilik hak ulayat sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Kantor Provinsi Papua Tengah.

“Kita sangat mendukung, itu mimpi besar orang Amungme dan Kamoro. Lahannya sudah ada di sebelah Jalan Hasanuddin sana,” ungkapnya.

Kata dia, terkait pembangunan ibu kota Provinsi Papua Tengah, harus di Kabupaten Mimika. Dan Lemasa serta Lemasko sangat siap dan mendukung program pemerintah terkait pemekaran.

“Almarhum pak Andreas Anggaibak selaku ketua tim pembentukan Provinsi Papua Tengah sudah menyiapkan lahannya, saya pikir itu sudah fix lokasi. Silahkan saja kedepannya teknisnya seperti apa,” terangnya.

Menurut Karolus, pemekaran ini adalah agenda dari pemerintah, maka pemerintah harus membuatkan tim. Lemasa dan Lemasko sangat mendukung pemekaran ini, karena dengan dilaksanakannya pemekaran ini maka akan berdampak positif pada generasi penerus dari dua lembaga ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *