oleh

Sambut PON, Kementerian PUPR Perbaiki Trotoar dan Drainase Jalan Yos Sudarso

TIMIKA – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX (PON XX) Tahun 2020 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan perbaikan jalan nasional melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XXII Merauke.

Kepala BPJN XXII Merauke, Edu Melki Paulus Sasarari, ST MM didampingi Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional VI Timika, Adrian Paranoan yang ditemui Radar Timika di kantor Satker PJN VI Timika, Sabtu (14/12) lalu menyatakan Kementerian PUPR paling siap untuk menyambut PON termasuk di Mimika.

Kaitan dengan PON XX, BPJN XXII Merauke memiliki program yang menyasar dua kabupaten yakni Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke yang menjadi tuan rumah. Di Merauke sebagai tempat balapan motor cross, BPJN membangun jalan akses menuju arena juga membangun jalan dalam kota Merauke.

Sementara di Mimika sendiri, pada Tahun 2019 sudah dilakukan peningkatan jalan sepanjang 15 kilometer pada ruas Simpang Pelra – Mayon. Pekerjaan berupa overlay atau aspal itu sudah rampung. Tahun 2020 mendatang dilanjutkan lagi perbaikan dan peningkatan jalan ruas Timika – Pomako.

Tidak hanya itu, Edu juga mengungkapkan bahwa dalam rangka menunjang PON salah satu program infrastruktur adalah revitalisasi trotoar dan drainase atau saluran air jalan nasional ruas Timika – Pomako.

Tahun 2020 mendatang, Kementerian PUPR akan memperbaiki ruas jalan nasional yang ada dalam wilayah kota yakni Jalan Yos Sudarso. “Mulai dari Tiga Raja ke arah Pomako sampai di Timika Mall, kita perbaiki drainase dan trotoar sama ada pekerjaan di arah Pomako. Tender minggu depan sehingga Januari bisa action,” ujar Edu.

Terkait rencana pembangunan itu Kepala BPJN XXII Merauke sudah bertemu langsung dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. Bukan hanya memperbaiki trotoar dan drainase tapi juga perbaikan jalan nasional yang rusak seperti di sekitar Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur. “Yang sudah rusak seperti di Hiripau daerah itu memang sudah rusak. Kita perbaiki rigid yang terbuat dari tailing, permukaan sudah aus jadi dioverlay,” terangnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *