oleh

Menteri ESDM Resmikan PLTMH Puncak

ILAGA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Jumat (20/12) meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) atau tenaga air di Kabupaten Puncak. Peresmian dilakukan Menteri ditandai dengan penanda tanganan prasasti serta pengguntingan pita di gudang mesin PLTMH yang berlokasi di samping Sungai Jila di Ilaga, Puncak. Peresmian ini mengakhiri kesulitan warga Puncak akan listrik di wilayah tersebut. Pasalnya selama ini warga hanya mengandalkan diesel dan solar cell dengan daya yang sangat terbatas sebagai sumber penerangan.

Hal ini seperti yang disampaikan Bupati Puncak, Willem Wandik, SE MSi dalam sambutannya mengawali acara peresmian. Menurut Bupati, ketersediaan energi listrik adalah kebutuhan dasar, hajat hidup orang banyak. Selama ini di Puncak, energi listrik hanya mengandalkan solar cell dan pembangkit listrik tenaga diesel, yang menghabiskan biaya yang sangat besar. Salah satunya adalah biaya bahan bakar solar yang dibeli dengan sangat mahal, karena didatangkan dari luar daerah dan diangkut dengan pesawat.

“Pak Menteri saya mau sampaikan, sejak kabupaten ini dibentuk Tahun 2009 sampai 2017, kami selalu mengganggarkan Rp 15 miliar setiap tahun untuk pengoperasian diesel. Namun dengan kehadiran PLTMH, anggaran itu berkurang jauh, tinggal hanya Rp 2 miliar saja setahun. Itu artinya Pemkab bisa menggunakan anggaran itu untuk kebutuhan lain, seperti membangun jembatan, jalan dan lainnya,” kata Willem Wandik.

Kehadiran PLTMH menurut Bupati adalah buah perjuangan panjang yang dilakukan pihaknya sejak 2014 lalu. Usulan itu disampaikan lantaran pihaknya menyadari, bahwa Puncak memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan listrik, yakni air. Namun yang menjadi kendala adalah dari sisi anggaran.

“Luar biasanya, Menteri ESDM saat itu (Sudirman Said, red) langsung merespon dan mengakomodir kehadiran PLTMH sebagai bagian dari program Indonesia Terang dari bapak Presiden Joko Widodo ,” ujar Bupati yang disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Lanjut Bupati, PLTMH yang telah beroperasi itu bekerja dengan teknologi tinggi. Turbinnya didatangkan langsung dari India, serta pengoperasiannya dilakukan secara digital terkomputerisasi. “Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat bukan sekedar membangun, tetapi juga memberikan kualitas terbaik,” ujarnya.

Karena itu Willem Wandik tak henti-hentinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Negara, khususnya kepada Presiden Joko Widodo. Ucapan terima kasih juga disampaikan Bupati Wandik kepada PT Wijaya Karya yang telah menyelesaikan proses pembangunan PLTMH dengan baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *