oleh

Disinyalir Terjadi Penyalahgunaan DD, Audit Segera Dilaksanakan

TIMIKA – Inspektorat Kabupaten Mimika bersama Polres, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), BPKAD segera melakukan audit terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 dan 2019. Audit ini akan dilakukan karena adanya dugaan penyalahgunaan DD oleh beberapa kampung dari total 133 kampung di 18 distrik se Mimika.

Kepala DPMK Mimika, Michael R Gomar saat dijumpai Radar Timika, Senin (27/1) di Kantor DPRD mengatakan, pemeriksaan atau audit ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti perintah Presiden RI untuk mengevaluasi kembali seluruh pelaksanaan pengelolaan DD di seluruh kabupaten/kota. Atas perintah presiden kepada Kapolri yang ditindaklanjuti ke Polda dan ke Polres.

Untuk itulah, pada penggunaan DD khususnya di 133 kampung yang ada di Kabupaten Mimika akan dilakukan audit oleh Inspektorat, Polres dalam hal ini Reskrim untuk melihat LPj-LPj dan sekaligus realisasi penyaluran DD tahap ketiga.

“Memang ada beberapa informasi yang didapati oleh pihak Inspektorat dan Polres dalam hal ini pihak Reskrim bahwa ada beberapa pelanggaran penggunaan Dana Desa dari 133 kampung di beberapa kampung,” jelasnya.

Lanjut Gomar, menindaklanjuti adanya dugaan penyalahgunaan penggunaan DD ini, maka pihaknya akan menyiapkan dokumen-dokumen penyaluran dan realisasi DD tahun 2018 dan 2019 yang akan diserahkan kepada pihak Inspektorat dan Tipikor.

“Kami berharap agar pengawasan terhadap pengelolaan Dana Desa yang dilakukan oleh pemerintah daerah tetapi juga oleh seluruh masyarakat bisa menjadi pembelajaran kepada para kepala kampung terhadap pengelolaan Dana Desa,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *