Beranda Seputar Mimika

Baru Ditempati, Gedung Baru SD N 1 Dipalang

BAGIKAN
PASRAH – Siswa-siswi SD N 1 Mimika hanya bisa pasrah mengetahui gedung baru sekolah mereka dipalang, Selasa (4/2). Foto: Santise Patabang/Radar Timika

TIMIKA – Gedung sekolah baru SD Negeri 1 Mimika yang beralamat di Irigasi, yang baru ditempati sejak Bulan Januari lalu, dipalang pemilik tanah, Selasa (4/2). Pemalangan tersebut mengakibatkan 160 siswa Kelas V dan VI tidak bisa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), lantaran pintu kelas mereka dipalang menggunakan kayu.

Hendra Desan, anak pemilik tanah yang ditemui di lokasi mengatakan, pemalangam tersebut merupakan bentuk kekesalannya kepada pemerintah daerah yang selalu memberi janji akan membayar, namun sampai saat ini janji tersebut tidak kunjung ditepati.

“Sudah cukup lama yah kami dijanjikan. Sudah empat tahun, tapi sampai sekolah ini ditempati kok tidak ada pembayaran. Pajaknya juga masih kami yang bayar kok,” katanya.

Ia mengatakan, palang tersebut akan dilepas apabila Pemda memberi kepastian yang jelas kapan pembayaran dilakukan, bukan hanya memberi janji, karena pada dasarnya ia bersama keluarganya juga tidak ingin siswa SD Negeri 1 Mimika tidak bisa mengikuti KBM.

“Kami juga tidak ingin seperti ini, tapi langkah ini harus kami ambil, biar ada reaksi dari Pemda. Pada intinya ini adalah pemalangan damai,” tegasnya.

Kepala SD Negeri 1 Mimika, Marten Samaa menjelaskan jika sekolah yang baru terdiri dari 3 ruangan tersebut, baru mereka tempati semester 2 ini, dimana sebelumnya mereka menumpang di SD Inpres Sempan Barat. Sehingga ia sangat berharap permasalahan ini bisa secepatnya diselesaikan, mengingat Kelas VI akan dipersiapkan mengikuti Ujian Nasional.