Beranda Headline

Nawaripi Sampai Pesisir Bakal Jadi Kotamadya

BAGIKAN
Batas wilayah yang dicanangkan jadi kotamadya untuk menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah. (Selviani/Radar Timika)

TIMIKA – Seiring perjuangan pembentukan Provinsi Papua Tengah menjadi Daerah Otonom Baru, Mimika yang dinilai sangat layak menjadi ibu kota juga sudah menyusun rencana pembentukan kotamadya.

Kepada Radar Timika, Jumat (31/1) lalu di Grand Mozza Hotel, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH mengungkapkan pembagian wilayah sudah dicanangkan. Kabupaten Mimika akan dimekarkan untuk membentuk kotamadya yang akan menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Wilayah kotamadya dipetakan mulai dari Jalan Hasanuddin mengarah ke Nawaripi sampai ke wilayah pesisir pantai. Juga meliputi sampai di Kampung Naenamuktipura (SP 6). “Jadi seperti RSUD, SP 4 dan seterusnya sampai ke pesisir itu nanti masuk wilayah kotamadya,” katanya.

Sementara Kabupaten Mimika meliputi wilayah Kota Timika mulai dari Jalan Hasanuddin, sisi kanan dari arah Timika Mall sampai di Kuala Kencana. Jadi Kantor Pusat Pemerintahan yang ada sekarang ini akan tetap menjadi kantor bupati.

Bupati Omaleng menambahkan, pemerintah sudah melakukan persiapan dengan mengembangkan kota di sekitar kawasan Jalan Hasanuddin. Pusat kotamadya yang juga menjadi pusat kantor Provinsi Papua Tengah dicanangkan berada di Jalan Hasanuddin yang saat ini sedang dibangun jalan tembus Brigif di wilayah SP 8.

Bupati Omaleng semakin optimis Mimika menjadi ibu kota karena berdasarkan hasil kajian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Mimika unggul pada tiga kriteria sebagai ibu kota yakni sebagai katalisator wilayah karena perkembangannya yang begitu cepat, sebagai etalase budaya dan juga dari sisi geopolitik.

Sejalan dengan itu Pemda Mimika juga sudah menyiapkan pemekaran distrik, kelurahan dan kampung di Kabupaten Mimika. Setidaknya ada 14 distrik dan 20 kelurahan baru yang akan dibentuk. Tahapan pemekaran sudah sampai pada kajian yang hasilnya nanti dituangkan dalam Raperda untuk diajukan ke DPRD Mimika.(sun)