oleh

40 Pelaku UKM Berhak Dapat SPP-IRT

TIMIKA – 40 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Mimika berhak mendapatkan Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dengan izin edar PIRT. Ke 40 pelaku UKM ini berhak mendapatkan sertifikat tersebut, setelah mereka mengikuti kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dalam rangka Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Kamis (6/2) di Aula Rumah Sakit Kasih Herlina.

Kepala Kantor Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Mimika, Herianto Ba’an, SSI Apt mengatakan, kegiatan Penyebaran Informasi soal keamanan pangan dilaksanakan dengan tujuan untuk memfasilitasi para pelaku UKM untuk pendaftaran izin edar PIRT.

Penyuluhan keamanan pangan ini kata Heri dilakukan agar pelaku-pelaku usaha khususnya UKM di bidang industri rumah tangga pangan dapat memiliki pengetahuan terkait dengan cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga, serta tahu bagaimana cara mendaftarkan produk pangan industri rumah tangga serta tau tentang iklan label pangan dan tahu tentang mengurus izin layak sehat.

“Dengan penyuluhan ini, maka bisa menjadi bagian dari kegiatan mereka sehingga dapat sertifikat penyuluh keamanan pangan,” ujarnya.

Dikatakan Heri, salah satu syarat untuk mengurus izin edar PIRT adalah pelaku UKM harus memiliki sertifikat penyuluh keamanan pangan.
Kegiatan penyuluhan ini kata Heri dilakukan untuk upaya mempercepat pendaftaran produk-produk pangan industri rumah tangga sehingga lahir produk UKM baru yang bisa menjadi bagian di dalam proses kesuksesan ekonomi menjelang Pesparawi dan PON XX.

Dari jumlah 40 pelaku UKM lanjut Heri, terdiri dari pelaku usaha yang berjualan produk makanan seperti kue basah (cake), roti, minyak, bumbu dapur, rempah-rempah. Sebelumnya, para pelaku usaha ini memiliki masalah untuk mendaftarkan izin produk panganya dalam skala IRT. Para pelaku UKM ini sendiri mengalami kendala belum memiliki sertifikat penyuluh keamanan pangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *