Beranda Politik

Pemerintah Harus Tegas Soal Tapal Batas

BAGIKAN

TIMIKA – Pemerintah diminta untuk tegas dalam menyelesaikan kasus tapal batas. Jika pemerintah tidak bertindak tegas, maka wilayah-wilayah yang kini sedang diklaim oleh kabupaten-kabupaten tetangga ini akan lepas dan menjadi milik mereka.

Dalam upaya penyelesaian tapal batas dengan kabupaten tetangga, pemerintah diminta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menjadi mediator bersama kabupaten-kabupaten tetangga yang kini mengklaim beberapa wilayah di Timika.

Anggota DPRD, Mathius Uwe Yanengga kepada Radar Timika, Kamis (6/2) mengatakan sampai saat ini beberapa wilayah di Timika sudah mulai diklaim oleh beberapa kabupaten tetangga, dimana yang sangat mencolok adalah Kabupaten Deiyai.

Sebutnya, seperti wilayah di sekitar PT PAL Distrik Iwaka, sudah diklaim oleh kabupaten tetangga. Selain itu, hal yang sama juga terjadi di Distrik Kapiraya, yang bahkan kabupaten tetangga sudah ambil ancang-ancang untuk menempatkan distrik mereka di sana.

“Saya berharap, kami tidak bisa kehilangan wilayah, wilayah sangat penting, pemerintah coba melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri, untuk memfasilitasi menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Sebut Yanengga, jika masing-masing kabupaten tetap mengklaim wilayahnya walaupun sudah difasilitasi oleh Gubernur Papua, maka hal ini harus diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri.
Tapal batas wilayah di Mimika dengan beberapa kabupaten tetangga baik Kabupaten Deiyai, Puncak, Nduga, Intan Jaya, Asmat memang diperlukan dengan jelas.