Beranda Metro Timika

Mafia Perikanan Rugikan Pemda Miliaran Rupiah

BAGIKAN
KUNJUNGAN – Anggota DPRD RI, Yan Mandenas bersama M Nurman S Karupukaro saat mengunjungi PPI Pomako, Sabtu (8/2).

TIMIKA – Pemda Mimika telah dirugikan miliaran rupiah untuk aktifitas pembongkaran ikan di PPI Pomako yang diduga dilakukan oleh oknum ASN. Adanya permainan dari oknum mafia perikanan di wilayah PPI ini, terungkap dari hasil kunjungan dari Anggota DPRD RI, Yan Mandenas didampingi Anggota DPRD Kabupaten Mimika, M Nurman S Karupukaro dan Tanzil Asharie, Sabtu (8/2).

Lewat sambungan telepon seluler, Minggu (9/2), Politisi Partai Gerindra itu mengatakan jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum ASN Pemda Mimika yang sekaligus mendapatkan SK dinas dari Kementerian Perikanan.

“Ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum pegawai Pemda yang selalu mengatasnamakan dinas dengan segala macam dia punya aturan yang sebenarnya tidak ada dalam aturan dan sistem yang berlaku di situ,” jelas Nurman.

Sampai saat ini Kabupaten Mimika sangat dirugikan oleh ulah oknum tersebut. Atas aksi ini, oknum yang bersangkutan juga sudah dilaporkan ke Kementerian Perikanan.

“DPR akan segera ke Bupati supaya segera menindak oknum pegawai negeri sipil itu, dia pegawai negeri Pemda tetapi dia punya SK dari pusat juga,” ujarnya.

Selama ini yang dilakukan oleh oknum tersebut adalah melakukan aksi pada pembongkaran ikan dari kapal ke tongkang yang memuat kontainer freezer. Dari aktifitas pembongkaran tongkang ke kapal barang untuk menuju ke Surabaya dengan setiap pengiriman ke Surabaya, jumlah ikan tidak sedikit. Paling tidak sampai 18 ton ikan per kontainer dan di setiap pengiriman ini rata-rata ada 100 kontainer.