Beranda Seputar Mimika

Yohana Paliling Terpilih Jadi Ketua PUKAT YMY Mimika

BAGIKAN
BERKATI – Pastor Maximilanus Dora, OFM memberkati Ketua PUKAT YMY Mimika, Yohana Paliling didampingi Ketua IKT Mimika, Yohanis Bassang, SE MSi, Sabtu (8/2). Foto: Selviani/Radar Timika

TIMIKA – Beberapa tahun tanpa pengurus, Persekutuan Umat Katolik Toraja (PUKAT) YMY Kabupaten Mimika pada awal Tahun 2020 ini memiliki pengurus baru, setelah Ir Yohana Paliling, MSi terpilih menjadi ketua pada Sabtu (8/2) di Gedung Tongkonan dalam Misa Syukur dirangkaikan Pemilihan Ketua PUKAT YMY Mimika.

Misa yang dipimpin Pastor Maximilanus Dora, OFM dan Pastor Anthonius Dwi Pramono, SJC diikuti ratusan umat Katolik Toraja salah satunya Ketua IKT Mimika, Yohanis Bassang, SE MSi yang juga mantan Wakil Bupati Mimika.

Pemilihan Ketua PUKAT YMY dilakukan dengan cara sederhana. Dimana warga yang berumur di atas 17 tahun berhak memilih satu dari empat kandidat ketua, dengan cara memilih kertas suara bergambar kandidat dan dimasukkan ke kotak yang disiapkan panitia. Adapun empat kandidat serta perolehan suaranya, Yohana Paliling dengan 130 suara, Felix Arrungan dengan 43 suara, Hilar Limbongallo dengan 43 suara dan Daniel Nemba dengan 31 suara.

Kepada Ketua PUKAT YMY yang baru terpilih, Ketua IKT Mimika, Yohanis Bassang, SE MSi berpesan agar memiliki jiwa besar, memiliki hati serta bijaksana. Ia juga berpesan agar tidak perlu membuat program yang muluk-muluk, tapi fokus pada pelayanan.

Sebab persekutuan dibentuk untuk tujuan pelayanan semata. Terutama ketika ada umat Katolik yang mengalami kedukaan sementara Pastor berhalangan, maka itu menjadi tanggungjawab dari PUKAT. Sehingga kata Yohanis Bassang, menjadi pengurus terutama ketua tentu harus ada pengorbanan.

Ia yakin ketua bersama pengurus nantinya bisa menjalankan tugas pelayanan jika dilakukan secara bersama-sama. Namun Yohanis Bassang juga berharap, PUKAT tidak hanya bergelut dalam komunitas masyarakat Toraja saja, tapi harus tampil di luar menjadi berkat bagi orang lain.

Ketua PUKAT YMY Mimika, Yohana Paliling yang baru terpilih mengakui menjadi ketua bukan tugas yang ringan. Tapi ia yakin, tugas itu akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama.

“Kami semua mohon doa dari kita sekalian, semoga apa yang menjadi tujuan awal dari terbentuknya PUKAT YMY di Kabupaten Mimika dapat berjalan lebih baik kedepan,” terangnya.