Beranda Headline

Pemda Galang Bantuan Bagi Warga Tembagapura

BAGIKAN
Sejumlah masyarakat yang datang dari Distrik Tembagapura ketika diturunkan di Halaman Gereja Rehobot, Mile 32, Minggu (8/3) malam.(ISTIMEWA FOR RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Pemeritah Daerah Kabupaten Mimika dalam hal ini Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengumbulkan bantuan secara sukarela bagi warga Distrik Tembagapura yang dievakuasi. Itu disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Sihol Parningotan dalam apel pagi Senin (9/3) kemarin.

Sebanyak 613 orang warga dari Kampung Banti 1, Banti 2, Opitawak dan Kimbeli kata Sihol meminta untuk dievakuasi karena faktor keamanan. Sehingga Pemda Mimika bersama TNI dan Polri memfasilitasi kemudian dilakukan evakuasi.

Seluruh warga kata Sihol ditempatkan di rumah keluarganya. Dan ia menegaskan bahwa warga bukan pengungsi. “Jadi mereka bukan mengungsi, tapi mereka minta dievakuasi karena kondisi keamanan kurang kondusif dan merasa tidak aman,” katanya.

Meski demikian Pemda Mimika akan tetap memberikan perhatian kepada warga yang dievakuasi karena tentunya memerlukan kebutuhan terutama makanan agar bisa bertahan bersama keluarga. Bupati sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh OPD untuk mengumpulkan bantuan secara sukarela.