oleh

Kasus Beras Oplosan, Polisi Segel Dua Gudang

TIMIKA – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Mimika menyegel dua gudang beras Sinar Sulawesi di Jalan Hasanudin, Jumat (13/3) kemarin. Penyegelan dilakukan menyusul adanya dugaan kasus beras oplosan yang sebelumnya ditemukan pada gudang Pelni Logistik (Mart) di Jalan Yos Sudarso, SP 1, Rabu (11/3).

Pada penyegelan yang dilakukan Jumat kemarin, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga digunakan untuk menyortir dan mengemas beras oplosan. Barang bukti tersebut antara lain ialah karung beras, mesin jahit, plastik dan timbangan.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP M Burhanuddin Yusuf Hanafi yang memimpin penyegelan gudang beras membenarkan, penyegelan dilakukan akibat pengembangan dari kasus serupa di gudang Pelni Logistik (Mart).

Ia menyampaikan, sebelumnya pihaknya menemukan adanya kasus pengoplosan beras di Pelni Logistik (Mart) yang dilakukan sejumlah oknum karyawan. Pengoplosan dilakukan dengan cara mengganti isi beras dengan beras campuran. Dimana campuran dasar beras adalah beras yang terhitung masuk dalam Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dari Pelni Logistik (Mart) tersebut, pihaknya mengamankan lima orang untuk dimintai keterangan.

Berdasarkan pengembangan penyelidikan, didapatkan informasi bahwa karung beras yang digunakan pada pengoplosan di Pelni Logistik (Mart), didapatkan dari gudang Sinar Sulawesi. “Beras yang diisi di karung itu beras lama. Bahkan ada kemungkinan telah berkutu. Terus dibersihkan dan dicampur dengan beras merek lain. Sehingga jadi kelihatan baru dan agak premium kualitasnya,” jelas AKP Hanafi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *