oleh

Akad Perdana 24 Unit Rumah BNI Griya HOPE Karyawan PT Freeport

TIMIKA – Akad perdana BNI Griya HOPE Karyawan PT Freeport Indonesia akhirnya terlaksana dengan sukses. Sebanyak 24 unit rumah secara resmi dapat ditempati langsung oleh para karyawan PT Freeport. Untuk menandai ditempatinya 24 unit perumahan ini, dilakukan kegiatan Akad Perdana BNI Griya Hope Karyawan PT Freeport Indonesia, di Jalan Cenderawasih SP2, tepatnya di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (18/3).

Demy Magai selaku VP Industrial Relations PT Freeport mengatakan, HOPE merupakan program kerja sama PUK SP KEP SPSI PTFI dan PK FPE KSBSI PTFI dengan pihak Developer PT Bintang Timur Sejati (PT BTS) dalam hal pembangunan rumah untuk karyawan PTFI, khususnya karyawan level pratama dan karyawan asli Papua.

Diungkapkanya, pembangunan perumahan tersebut berdasarkan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) antara PTFI dengan Serikat Pekerja (SP) dan Serikat Buruh (SB). Dalam MoU tersebut, menyebutkan bahwa pembangunan 1.200 unit rumah tipe 45, tipe 54, 60 dan tipe 72 dilakukan secara bertahap mulai saat ini hingga September 2023 mendatang.

Manajemen PT Freeport sebut Demy, mengucapkan selamat kepada para karyawan yang akan menempati perumahan ini yang telah dilaksanakan akadnya pada tahap pertama.

“Semoga perumahan ini bisa bermanfaat untuk karyawan dan bisa menjaga dengan baik,” ujarnya.

Disebutkannya, pada tahap pertama ini, akan menjadi contoh bagi karyawan lainnya yang akan mendapat giliran berikutnya. Pihak manajemen PT Freeport kata Demy, juga mengapresiasi Serikat Pekerja yang telah menunjukkan komitmennya pada perundingan tahun 2017-2019, di mana program impian ini baru bisa terwujud tahun ini. Program ini sebutnya sudah dicanangkan dari beberapa tahun lalu, namun masih gagal. Dan di tahun ini dengan komitmen bersama, sebutnya bisa dilaksanakan untuk sesuatu yang berguna bagi karyawan PT Freeport.

“Ini program yang bagus, yang kita harus jaga bersama-sama untuk membangun sesuai rencana kita 1200 rumah yang kita rencanakan, dan kita bersyukur kepada Tuhan dengan kondisi perusahaan, komitmen perusahaan tetap mewujudkan kesejahteraan karyawan, mari kita sama-sama mendukung perusahaan kita,” jelasnya.

Senada dengan hal ini, Ketua PUK SP KEP SPSI PTFI Lukas Saleo mengatakan, melalui program perumahan bagi karyawan PT Freeport ini bukan produk kaleng-kaleng. Program HOPE ini sebutnya akan menjadi contoh bagi perusahaan lain di areal kerja PT Freepot khususnya di Kabupaten Mimika.

Pihaknya sebut Lukas, mengapresiasi PT Freeport selaku mitra kerja Serikat Pekerja yang telah melahirkan program kerja yang luar biasa ini. Selain itu apresiasi yang sama juga diberikan kepada PK FPE KSBSI PTFI dan rekan kerja, yakni tim HOPE atas kinerjanya melakukan rencana dan rancangan yang tidak mudah sampai dengan terealisasi hingga saat ini.

Walaupun baru 24 orang pekerja yang dapat menikmati perumahan ini, ke depannya Lukas berharap agar dibuka informasi yang lebih luas dan bimbingan serta syarat administrasi yang harus dilengkapi oleh pekerja dalam melengkapi kepemilikan rumah pada program HOPE ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *