oleh

DPPAD Pantau Hari Terakhir UNBK-UNKP SMK

TIMIKA – Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua yang diwakili Kepala Seksi Kurikulum DPPAD Provinsi, Maks Karu melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah SMK untuk memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)-Ujian Kertas Pensil (UNKP) yang berakhir, Kamis (19/3) kemarin.

Maks Karu mengatakan, pantauan yang ia lakukan bersama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, bertujuan untuk melihat langsung proses ujian tersebut dan untuk mendengar kendala yang dihadapi dari masing-masing guru yang sedang bertugas mengawasi.

Namun dari pantauan yang ia lakukan, ia tidak menerima keluhan dari pengawas maupun peserta ujian itu sendiri. Terlihat pelaksanaan ujian berjalan dengan baik.

Menurutnya, berlangsungnya UNBK-UNKP SMK ini dengan baik tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah Kabupaten Mimika. Dimana hal ini sudah mulai terlihat pada saat pembukaan UNBK-UNKP pada hari Senin lalu di SMK Negeri 3 Kesehatan Mimika, yang dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, yang menyatakan bahwa Pemda Mimika memiliki komitmen untuk ikut menata Pendidikan Menengah walaupun dalam amanat UU No.23 Tahun 2014 tercatat bahwa Pendidikan Menengah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi.

“Kami sangat berterima kasih. Ini satu penghargaan yang sangat luar biasa terjadi di Kabupaten Mimika, karena ternyata Pemda Mimika tetap memberikan perhatian terhadap Pendidikan Menengah meskipun sudah dialihkan,” katanya.

Ia mengatakan, komitmen tersebut akan sangat berdampak dan luar biasa. Hanya mungkin selama ini Pemda merasa belum ada regulasi yang cukup menguatkan untuk memastikan konten-konten apa yang harus menjadi porsi Pemda, seperti pelaksanaan UNBK-UNKP yang saat ini berlangsung belum begitu tegas alakosi anggaran, sehingga sampai saat ini Kepsek SMK membutuhkan perhatian dan dukungan daerah.

“Pernyataan pak wakil ini sangat kami apresiasi dan kemudian akan kami bicarakan nanti di sana (provinsi). Pak wakil kemarin meminta supaya ada revisi untuk mempertegas poin-poin apa saja yang menjadi tanggung jawab Pemda. Karena dari sisi finansial ada, tetapi regulasinya harus dipastikan dulu dan itu yang akan kami bicarakan nanti, makanya saya merasa penting untuk meninjau sekolah-sekolah,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Mimika, Yulian Salosa yang ikut dalam rombongan pemantau pelaksanaan UNBK-UNKP mengapresiasi para panitia pelaksanaan UNBK-UNKP di masing-masing sekolah SMK yang ada, karena bisa berjalan dengan baik. Selain itu ia juga mengatakan sangat setuju dengan permintaan Wakil Bupati Mimika untuk meminta revisi peralihan SMK/SMA ke Provinsi Papua.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *