oleh

Workshop Pengelolaan Manajemen Masjid Ditunda

TIMIKA – Kegiatan Worskhop Manajemen Pengelolaan Masjid yang awalnya dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (21-22/3) mendatang terpaksa harus ditunda. Walaupun panitia sudah sangat siap mengadakan kegiatan yang direncanakan akan berlangsung di Hotel Serayu ini, namun karena adanya himbauan dari Pemprov Papua dan Pemkab Mimika serta MUI terkait dengan pencegahan virus corona, maka agenda ini harus dibatalkan demi kebaikan bersama.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Mimika, H Abdul Muthalib Elwahan saat menghubungi Radar Timika, Kamis (19/3) mengatakan permohonan maaf kepada pihak-pihak yang sudah terkait dengan kegiatan ini, namun harus diundur pelaksanaanya.

Demi kenyamanan bersama sebagai bentuk pencegahan virus corona, sebut H Muthalib, memang langkah untuk menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dilakukan.

“Kami meminta maaf belum terselenggaranya kegiatan workshop yang sudah kita rancang bersama, ini demi kebaikan kita bersama, jika situasi sudah dinyatakan aman, maka tentu kita akan laksanakan hajatan yang sunggu bermanfaat bagi masjid dan umat ini,” jelasnya.

Dikatakan H Muthalib, Masjid merupakan tempat ibadah dan pemberdayaan umat. Masjid memiliki pola pembinaan kemasjidan dan tipologi berdasarkan wilayah, fungsi, dan ukuran.

Ada beberapa pola pembinaan kemasjidan yang akan diteruskan kepada pengelola masjid se Timika nantinya yakni, Orientasi Imam dan Khatib yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, peranan dan fungsi Imam dan Khatib dalam rangka pemakmuran Masjid; Pengelolaan Keuangan Masjid diperlukan transparansi dana, tanggungjawab takmir dan laopran keuangan yang akuntabilitas, serta alokasi dana yang tepat sasaran; Orientasi Perpustakaan Masjid merupakan faktor penunjang Islamisasi ilmu pengetahuan; Pembinaan Masjid/Mushala di Tempat Publik yaitu optimalisasi fungsi dan peran masjid sebagai pusat pembinaan umat. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *