Beranda Headline

Penumpang dari Luar Mulai Diberlakukan HAC

BAGIKAN
Reynold Ubra. (foto: SELVIANI BU’TU/RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Mulai hari ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 terus melakukan langkah pencegahan dan pemantauan. Salah satu kegiatan yang terus dilakukan adalah meningkatkan kewaspadaan di pintu-pintu masuk, terutama di Bandara Mozes Kilangin dan Pelabuhan Pomako.

Selain memberikan penyuluhan melalui brosur, disinfeksi terhadap barang bawaan penumpang dan ruang tunggu bandara masih terus dilakukan. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 di Mimika, Reynold Ubra dalam keterangannya kepada media, Minggu (22/3) kemarin mengatakan mulai hari ini akan diberlakukan health alert card (HAC) bagi penumpang pesawat dan kapal yang berasal dari daerah terjangkit.

HAC itu kata Reynold harus diisi oleh penumpang. Kemudian tim penyeledikan epidemiologi akan melakukan pemantauan selama orang itu berada di Timika hingga 14 hari, terhitung mulai tiba di Timika. Ada delapan wilayah terjangkut yang ditetapkan Kementerian Kesehatan diantaranya DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Depok, Kabupaten Depok, Kota Bogor, Kota Solo dan Kota Malang.

Langkah gugus tugas selanjutnya adalah meningkatkan deteksi. Jika ada yang diduga masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maka tim akan meningkatkan sistem surveilans dan penyelidikan epidemiologi. Terakhir adalah isolasi.

Dalam pedoman Kemenkes kata Reynold, ada tiga pendekatan memutus rantai penularan. Jika ada deteksi kasus maka pendekatannya adalah isolasi mandiri atau karantina dan terus kampanyekan social distancing atau menjaga jarak.

“Karena kita tahu transmisinya adalah droplet yaitu cairan hidung maupun mulut saat berbicara atau batuk. Kemudian kita hindari tempat-tempat dimana cairan itu menempel sehingga terkontaminasi barang seperti logam, meja maupun tempat lain,” terang Reynold.

Isolasi dilakukan terhadap PDP. Untuk ODP isolasi mandiri. Bahkan sebenarnya PDP bisa isolasi mandiri di rumah tidak harus dirujuk. Sementara karantina adalah mengajak masyarakat tidak keluar rumah bagi orang-orang yang sehat supaya tidak terpapar.

Pemerintah distrik juga mulai minggu ini akan bentuk tim gugus tugas di tingkat distrik, bagaimana upaya percepatan bisa dilakukan secara massif di Kabupaten Mimika termasuk salah satu kebijakan pemerintah yang akan diterapkan, yaitu membatasi mobilitas penduduk dari kampung ke Kota Timika atau karantina kampung. (sun)