oleh

Pasien Meninggal di RSUD Bukan Karena Corona

TIMIKA – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mimika memastikan isu salah seorang pasien meninggal karena diduga terinfeksi Covid-19 di RSUD Mimika tidak benar atau hoaks. Itu ditegaskan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Reynold Ubra ketika ditemui wartawan Senin (23/3) di Posko Penanggulangan Covid-19.

Reynold sudah mendapat konfirmasi dari Direktur RSUD Mimika, dr Antonius Pasulu mengenai pasien yang meninggal. “Sudah konfirmasi Direktur RSUD Mimika, informasi yang beredar saya pikir yang diduga meninggal karena Covid-19, ternyata bohong. Itu hoaks, tidak benar,” tegasnya.

Memang ada salah seorang pasien yang meninggal dunia kemarin yang kebetulan seorang pendeta. Namun ada infeksi lain. Untuk menentukan pasien terinfeksi Covid-19 dilakukan pemeriksaan laboratorium dan melihat nilai leukosit atau sel darah putih. Pasien yang meninggal memiliki leukosit sangat tinggi. Sementara jika terinfeksi Covid-19 pasti memiliki leukosit rendah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter spesialis paru, disebutkan sangat jauh sekali hubungan dengan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan Covid-19. Jadi dipastikan berita tersebut tidak benar atau hoaks.

Ada isu yang beredar mengenai meninggalnya pasien tersebut yakni pernah mengikuti kegiatan di salah satu daerah yang kini terjankit Covid-19. Mengenai hal itu Reynold belum memastikan. Gugus tugas kata dia tidak perlu melacak karena secara klinis tidak masuk dalam kriteria orang dalam pemantauan ataupun pasien dalam pengawasan.

Secara keseluruhan kata Reynold, berdasarkan laporakn sistem kewaspadaan dini dan respon 24 jam dari 12 fasilitas kesehatan yang melapor, 9 puskesmas, satu rumah sakit dan satu klinik belum ditemukan kasus Covid-19 maupun status PDP dan ODP.

Begitu juga dengan isu adanya pasien diduga Covid-19 yang kabur dari Rumah Sakit Mitra Masyarakat ditegaskan Reynold itu hoaks. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *