Beranda Metro Timika

100 Personel TNI Disiapkan Bantu Gugus Tugas Covid-19

BAGIKAN
CEK PASUKAN- Apel pengecekan pasukan TNI AD, AU dan AL yang digelar di halaman Koramil 1710 Mimika, Kamis (26/3) kemarin, untuk membantu gugus tugas pemda Mimika dalam penanganan Covid-19.(RACHMAT JULAINI/RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Komandan Sub Garnisun Kabupaten Mimika, yang juga Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan, mengecek kesiapan personel yang akan dilibatkan untuk membantu penanganan Covid-19 di Mimika. Hal itu dilakukan di halaman Koramil 1710-02 Kota Timika, Kamis (26/3) kemarin.

Sementara itu, Letkol Pio Nainggolan juga memastikan setidaknya ada 1 SSK atau setara 100 personel TNI AD, AU dan AL, disiagakan untuk membantu gugus tugas penanganan Covid-19 atau Corona di Kabupaten Mimika. Ia memastikan kesemuanya telah siap bertugas usai dicek kesiapannya kemarin.

Para personel dipastikan siap membantu Gugus Tugas Penanganan Covid-19, apabila memang diperlukan pemeritah daerah.

“Kita sudah siap membantu khususnya di Kodim. Namun satuan lain mungkin belum maksimal. Makanya kami mengecek ulang lagi dengan melakukan apel hari ini (kemarin),” ujarnya.

Untuk tugas yang harus dijalankan, katanya, nanti akan disesuaikan dengan permintaan dari gugus tugas yang sudah terbentuk.

“Tugas pokoknya kami yakni memperkuat gugus tugas. Secara spesifik, nanti kita akan mendapatkan arahan dari gugus tugas. Contoh sederhananya, kita akan dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi dan misalnya penyemprotan. Termasuk membatasi masyarakat yang masih kumpul-kumpul dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Ia memastikan TNI yang ada di Timika sangat mungkin dilibatkan dalam setiap tahap kegiatan. “Hanya saja untuk tugas secara spesifik masih akan kita tunggu dulu,” sambungnya.

Dukungan ini dipastikan masih dalam proses komunikasi dengan pemerintah daerah. Namun ia optimis pihaknya akan dilibatkan mengingat penanganan Covid-19 di Mimika, melibatkan seluruh stakeholder yang ada.

“Sedangkan satuan TNI semuanya didistribusikan secara satu pintu melalui Kodim untuk menjamin semuanya,” tutup Letkol Pio Nainggolan. (dcx)