Beranda Seputar Mimika

Puskesmas Mapurujaya Terapkan Protap Pelayanan Pasien

BAGIKAN
Suasana pelayanan di Puskesmas Wania.(KRISTOFORUS/RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Puskesmas Mapurujaya mulai mengatur Protap serta alur pelayanan pasien yang datang berobat maupun berkonsultasi di Puskesmas tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Mapurujaya, Benedikta Warinussy kepada Radar Timika di Mapurujaya, Kamis ( 26/3).

Kata dia, pengaturan Protap serta alur pelayanan bertujuan agar tidak terjadi penumpukan pasien yang hendak berobat atau datang berkonsultasi di Puskesmas.

“Memang mulai tadi pagi (kemarin, red) kami berjalan sesuai dengan Protap yang ada, serta pengaturan alur-alur juga sudah dilakukan,” katanya.

Ia menuturkan, pengaturan tersebut mulai dari ruang tunggu jarak pasien penyedia air mencuci tangan, serta pembagian jalur bagian pasien yang berobat dengan pasien yang hanya untuk berkonsultasi.

Ia menerangkan, agar tidak terjadi penumpukan di ruang tunggu, pihaknya memasang tenda di depan Puskesmas untuk dijadikan ruang tunggu bagi para pasien serta mempermudah mengatur jarak antar pasien.

Ia menjelaskan, pasien yang datang mengecek kesehatan di Puskesmas sebelum masuk berkonsultasi atau mendapat pengobatan, terlebih dahulu harus di-screening dan mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan di halaman Puskesmas.

Ia menambahkan, memang belakangan ini tidak ada peningkatan jumlah pasien untuk berobat ataupun berkonsultasi di Puskesmas tersebut. Namun pihaknya juga sudah menyiagakan tim Covid-19 yang berjumlah tujuh orang, diantaranya dokter, perawat dan tenaga farmasi.

“Mulai hari ini kami sudah mengatur bahwa pasien yang datang mereka harus mencuci tangan sebelum masuk Puskesmas dan menempatan mereka di ruang tunggu dengan jarak yang telah diatur,” tukasnya.(itz)