Beranda Metro Timika

Timbun Sembako Siap-siap Dipidana

BAGIKAN
AKP Burhanuddin Hanafi, SH SIK. (foto: MAYER SARIOA/RADAR TIMIKA)

TIMIKA- Menyikapi dampak dari penyebaran virus corona atau Covid-19, maka aparat kepolisian, mengimbau kepada seluruh pedagang maupun pemilik tempat usaha yang ada di Kabupaten Mimika, agar tidak melakukan praktek penimbunan khususnya, untuk kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) dan alat kesehatan.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Burhanuddin Hanafi, SH SIK melalui Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Mimika, Iptu Andi Suhidin, SH yang ditemui Radar Timika, Kamis (26/3) kemarin menjelaskan, bahwa pihak Polres Mimika kini terus melakukan pemantauan terhadap ketersediaan sembako di Mimika.

“Jadi dari hasil pertemuan Forkopimpda di Jayapura itu kan sudah jelas ada poin-poin di situ soal wabah corona itu. Lalu Pak Kapolda sudah keluarkan instruksi. Jadi kita kepolisian kan masuk dalam gugus tugas penanggulangan Covid-19. Dan tugas kita sudah jelas,”jelasnya.

Selanjutnya ia mengatakan, bahwa dari pihak kepolisian sendiri khususnya Satreskrim Polres Mimika, telah membentuk Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakum).

“Kita di kepolisian itu ada namanya Satgas Aman Nusa II, dan kita masuk dalam Satgas V namanya Satgas Gakum. Jadi kita tindak yang berkaitan dengan penjarahan, pencurian, pemalakan. Lalu kita juga tetap menindak pelaku penimbunan bahan sembako dan alat kesehatan. Dan kita sudah jalan untuk lakukan penyelidikan, apabila ada yang temukan timbun sembako dan alat kesehatan, tetap kita proses hukum,”urai Iptu Andi.

Sementara itu Kasat Reskrim, dalam kesempatan yang sama juga menegaskan bahwa siapapun oknum masyarakat, yang kedapatan melakukan penimbunan bahan sembako dan alat kesehatan, maka tetap ditindak tegas.

“Kalau ada tetap kita proses, karena semua itu sudah diatur dalam Undang-Undang Perdagangan. Apalagi terkait dengan barang-barang penting, kemudian ditimbun oleh orang-orang tidak bertanggung jawab,”kata AKP Hanafi.

Sehingga Kasat Reskrim mengimbau kepada masyarakat, apabila mengetahui informasi terkait dugaan penimbunan sembako dan alat kesehatan, segera laporkan ke pihak kepolisian untuk ditindak tegas.

“Kalau ada informasi, laporkan ke kita biar tim kita turun untuk cek kebenaran. Dan kalau itu benar maka kita tindak tegas sesuai aturan hukum,”paparnya. (tns)