oleh

Pj Sekda: Hentikan Stigma Negatif Pasien Covid-19

TIMIKA – Setelah pemerintah mengumumkan adanya dua pasien positif terinfeksi Covid-19 di Mimika, publik memberikan reaksi yang beragam yang diluapkan lewat akun media sosial maupun perbincangan. Bahkan tidak jarang dari masyarakat menimbulkan stigma negatif terhadap pasien.

Pj Sekda Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT selaku Ketua Gugus Tugas meminta masyarakat untuk menghentikan stigma negatif terhadap pasien.

“Mereka bukan masalah perilaku atau karena perbuatan atau karena kejahatan,” ujar Pj Sekda ketika ditemui di MPCC YPMAK, Senin (30/3) kemarin.

Setiap orang termasuk pasien yang sudah dinyatakan positif kata Marthen, juga tidak ingin terinfeksi virus. Sama halnya dengan orang lain. Untuk itu ia meminta seluruh masyarakat bijak menyikapi persoalan ini, karena Covid-19 adalah wabah.

“Jangan tambah beban lagi memberikan stigma negatif,” tandasnya.

Ia mengajak masyarakat agar lebih fokus menjaga diri sendiri, menjaga keluarga dan menjaga masyarakat di sekitar. Pasien yang sudah positif harusnya didukung agar bisa pulih dari pengobatan, bukan malah diberi stigma negatif.

Pemerintah lanjutnya, memberikan jaminan kepada pasien yang dikategorikan PDP untuk ditangani dengan baik, serta menghargai setiap hak pasien. Sudah ada SOP yang dijadikan pedoman dalam penanganan.

Justru kata Pj Sekda, adanya keterbukaan dari setiap warga sangat membantu pemerintah dalam melakukan upaya pencegahan sehingga tidak menular kepada orang lain.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *