Beranda Seputar Mimika

Anggota Dewan Minta Identitas Pasien Covid-19 Dipublikasikan

BAGIKAN
Rizal Patadang bersama beberapa anggota dewan saat berbincang dengan pelayanan petugas kesehatan di Puskesmas Timika.(SITI AMINAH/RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Tim gugus percepatan penanganan Covid-19 Mimika diharapkan dewan untuk mempublikasikan identitas PDP, ODP dan OTG covid-19 di Mimika.  Walaupun ada Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam mempublikasikan data pasien, namun di tengah wabah yang sangat meresahkan masyarakat, mau tidak mau harus dipublikasikan agar dijadikan acuan pencegahan bagi masyarakat Mimika.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Pata’dang melalui sambungan telepon, Selasa (31/3).  Ia mengatakan, bahwa memang ada SOP dalam mempublikasikan identitas orang tertentu untuk suatu masalah.

Namun, mengingat saat ini situasinya menyangkut nyawa masyarakat luas, alangkah baiknya untuk dipublikasikan ataupun ada keterbukaan dari orang yang terpapar. Seluruh keluarga pasien yang telah dinyatakan terpapar juga harus membuka diri agar identitas lengkapnya, baik nama, alamat ataupun rekam medisnya.

“Memang kalau mempublikasikan data pribadi pasien atau mengenai rekam medis dari pasien harus atas dasar ijin dari keluarga pasien itu, karena itu memang sesuai SOP nya, tetapi saya berharap keluarga pasien bisa membuka diri, inikan bukan penyakit yang memalukan” ujarnya.

Lanjutnya, informasi pribadi setiap orang memang diatur dalam UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP, yakni semua Informasi pribadi wajib dijaga dan dilindungi dan hanya bisa dibuka atas izin yang bersangkutan.

Disebutkan juga, pelanggaran atas penggunaan Informasi Publik bersifat pribadi atau data pribadi dapat dikenakan sanksi hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dijelaskan Rizal, terlepas dari UU terkait, dalam kondisi darurat covid-19 ini identitas yang positif, PDP, OPD dan OTG harus dipublikasi agar masyarakat yang sebelumnya berintekraksi dengan pasien Covid-19 ini bisa segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

“Dengan terbuka identitas ini maka kami harap bisa memudahkan untuk mengetahui sejauh mana penyebaran virus ini dan selanjutnya melakuikan antisipasi,” jelasnya.

Rizal pun meminta warga untuk tidak panik pasca ditetapkan dua orang positif Covid-19. Politisi Partai Golkar ini berharap warga  tetap mentaati intruksi pemerintah, tetap berdiam diri di dalam rumah, dengan begitu dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut ia meminta kepada seluruh warga Mimika untuk tetap berdiam diri di rumah masing-masing dengan tetap menjaga daya tahan tubuh.

“Saya harap warga tetap tenang di rumah dan tidak terlalu panik, ikuti imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan mari sama-sama jaga kesehatan kita,” imbuhnya.(ami)