Beranda Headline

Pasien Positif Covid-19 Bertambah Jadi Tiga

BAGIKAN

TIMIKA – Jumlah kasus Covid-19 yang dinyatakan positif di Kabupaten Mimika bertambah. Selasa (31/3) ada penambahan satu pasien positif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Itu diungkapkan Juru Bicara Covid-19 Mimika, Reynold Ubra dalam keterangannya kepada media, tadi malam.

Dengan adanya penambahan ini maka dikatakan Reynold, jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Mimika berjumlah tiga orang. Dari jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit sebanyak lima orang.

Hingga Selasa (31/3) pukul 20.00 WIT, total jumlah PDP sebanyak 16 orang. Lima diantaranya dirawat di rumah sakit. 10 orang menjalani isolasi di shelter yang telah disediakan oleh pemerintah. Sementara satu orang lainnya memilih menjalani isolasi mandiri. Kondisi seluruh PDP kata Reynold, menunjukkan perbaikan.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 11 orang. Termasuk dua orang yang dirujuk dari Kabupaten Puncak dengan status ODP. Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) namun memiliki hubungan erat dengan pasien Covid-19 secara keseluruhan berjumlah 47 orang.

Untuk pasien positif baru yang diberi label pasien 03 ini dipastikan import case. Pasalnya berdasarkan hasil penelusuran lapangan, memberikan gambaran bahwa pasien memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura pada 10 Maret dalam satu acara dan saat kembali ke Timika mengalami gejala Covid-19. Pasien diketahui pernah berobat di dua klinik di Timika dan akhirnya mendapat perawatan pada 28 Maret lalu di rumah sakit. “Saya menduga masih memiliki hubungan dengan kasus di Jawa Barat (Lembang),” katanya.

Hasil tracing contact terhadap pasien 03 yang dilakukan tim penyelidikan epidemiologi dan surveilans terhadap pasien 03 di Timika didapati dua orang kontak erat risiko tinggi dengan gejala gejala klinis sehingga masuk dalam kategori PDP. Dua orang lagi kontak erat risiko rendah dengan satu gejala klinis dan 15 orang kontak dengan pasien 03 tanpa gejala.

Reynold mengatakan pasien 01 dan 02 yang terlebih dahulu dinyatakan positif dalam keadaan sehat. Pasien 03 yang berusia 54 tahun masih dalam perawatan, namun menunjukkan perbaikan. (sun)