Beranda Seputar Mimika

Realisasi Sensus Online Jauh Dari Target

BAGIKAN
Trisno L Tamanampo

TIMIKA – Realisasi Sensus Penduduk secara online yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tanggal 15 Februari hingga sampai batas waktu, Selasa (31/3) hanya berada pada posisi 1,34 persen atau 1033 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menginput data dengan benar. Capaian ini sangat jauh dari target yang ditentukan BPS pusat untuk Mimika, yakni 8,5 persen atau 6.592 KK.

Kepala BPS Mimika, Trisno L Tamanampo kepada Radar Timika, Selasa (31/3) mengatakan sebelumnya sudah ada 1.374 KK atau 1,78 persen yang melakukan respon terhadap sensus online tersebut, namun hanya ada 1033 KK yang melakukan penginputan data dengan benar.

“Ini masih sangat jauh dari target yang diberikan. Dimana sebelumnya kita diberi target 5 persen, tapi kemudian naik menjadi 8,5 persen tapi 5 persen pun kita tidak capai,” katanya.

Meski capaiannya tidak seperti yang diharapkan, ia tetap berterima kasih kepada semua penduduk Mimika yang sudah mengambil bagian dalam sensus ini. Hasil capaian ini pun akan menjadi acuan BPS untuk lebih memaksimalkan sensus penduduk wawancara yang rencananya akan dimulai per tanggal 1-31 Juli mendatang.

Namun menurutnya kemungkinan akan mengalami pergeseran waktu baik rekrutmen petugas sensus maupun sensus wawancara itu sendiri.

Ia berharap semua masyarakat Mimika bisa mengambil bagian dan mendukung BPS yang akan datang ke rumah-rumah untuk meminta data dengan melakukan wawancara.

“Kami sudah melakukan yang terbaik. Kami sudah melakukan pendampingan di sensus online ini tapi hasilnya sudah seperti ini kami syukuri. Nanti kita akan mencoba lebih baik untuk sensus wawancara nanti, kami harapkan masyarakat bisa memberikan data yang benar untuk membantu menyukseskan sensus ini,” tuturnya.(ptb)