Beranda Utama

YPMAK Beri Penjelasan Soal Bantuan ke Pusat dan Provinsi

Serahkan Bantuan Rp 5 Miliar dan Peralatan Cegah Covid-19

BAGIKAN
Bantuan peralatan untuk penanganan Covid-19 dari YPMAK.(Selviani bu’tu/radar timika)

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 dengan menyerahkan bantuan kepada pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten. Serah terima bantuan dilangsungkan pada Senin (30/3) di MPCC YPMAK.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada Pemda Mimika melalui gugus tugas berupa uang sebesar Rp 2 miliar dan peralatan seperti disinfektan 39 buah, elektrik sprayer atau alat semprot 48 buah dan baju coverall full set dan masker 20 buah. YPMAK juga memberikan bantuan masing-masing Rp 1,5 miliar kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua.

Pj Sekda Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT mengatakan, bantuan ini akan digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Mimika yang dikelola oleh gugus tugas. Kata dia, pemda membuka ruang bagi pihak lain yang ingin membantu penangananan Covid-19 di Mimika.

Pemerintah kata dia akan berupaya maksimal agar wabah Covid-19 tidak meluas di Kabupaten Mimika. Dana bantuan akan ditempatkan pada rekening khusus dan itu juga terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

Direktur YPMAK, Vebian Magal mengatakan, YPMAK sebagai yayasan yang begerak di bidang sosial turut peduli dengan masyarakat, sehingga ikut berpartisipasi dan sinkron dengan pemerintah dalam melawan Covid-19. Tujuannya agar masyarakat tetap sehat dan terhindar dari virus.

“Untuk bantuan kami anggarkan Rp 2 miliar di Kabupaten Mimika. Rp 1,5 miliar untuk provinsi dan Rp 1,5 miliar ke pemerintah pusat. Bantuan itu untuk penanganan Covid-19 dari masing-masing pemerintah pusat, provinsi dan juga kabupaten,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra mengapresiasi YPMAK yang sudah memberikan kepedulian mendukung tim penanggulangan pencegahan Covid-19 di Mimika. Gugus tugas kata dia, sangat terbantu dengan adanya mesin penyemprot elektrik, bahan dasar hand sanitizer, serta perlengkapan untuk kegiatan dekontaminasi.

Upaya dekontaminasi menurut Reynold adalah upaya mendasar untuk menghentikan penularan virus corona yang menular melalui tetesan kecil (droplet) seperti percikan liur dan cairan dari hidung. Juga cairan droplet itu menempel di benda dan bisa bertahan lama, jika disentuh orang sehat maka akan terinfeksi.

Bantuan dari YPMAK kata dia sangat dibutuhkan. Stok di Kabupaten Mimika sampai kemarin ada 50 untuk disinfektan. Tapi dengan adanya tambahan dari YPMAK akan membuat tim bergerak secara masif. Penyemprotan menyasar dua kategori. Pertama adalah tempat beresiko tinggi seperti RSUD, RSMM, Puskesmas, tempat perbelanjaan terutama pasar moderen. Kemudian bank dan tempat ibadah. Tempat risiko rendah seperti sekolah yang libur, tempat umum yang terbuka akan dilakukan disinfeksi.