Beranda Seputar Mimika

YPMAK Umumkan 37 Karyawan Lulus Seleksi

BAGIKAN
Vebian Magal.(foto: SELVIANI/RADAR TIMIKA)

TIMIKA – Setelah melalui beberapa tahap seleksi, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) akhirnya mengumumkan 37 nama yang dinyatakan lulus. Itu disampaikan oleh Direktur YPMAK, Vebian Magal kepada wartawan di MPCC, Selasa (31/3) kemarin.

Seleksi mulai dilakukan sekitar sebulan lalu dan hasilnya sudah ada. Sebelum diumumkan, hasil itu sudah dikoordinasikan dengan badan pengurus dan juga komunikasi dengan tim 11 selaku panitia internal untuk membantu melakukan perekrutan.

“Saya akan sampaikan hasil seleksi yang dilakukan oleh mitra untuk calon karyawan Yayasan Pemberdayaan Amungme dan Kamoro,” katanya.

Sesuai kebutuhan yayasan, ada 37 orang karyawan yang diterima untuk mengisi posisi kepala divisi dan staf. Kepala divisi ada 13 orang dan staf 24 orang. Jika ditambah lima orang pengurus yayasan maka total pekerja YPMAK seluruhnya 42 orang. Yang diterima dikatakan Vebian memang sangat sedikit, tapi jumlah pelamar sangat banyak untuk mengikuti seleksi.

Struktur karyawan yang diterima 46 persen diantaranya adalah Amungme dan Kamoro. Lima suku kekerabatan 19 persen, Papua lain 19 persen. Sementara non Papua hanya 16 persen.

“Persentase ini dari 37. Sehingga kita bisa lihat dominan Amungme dan Kamoro disusul lima suku kekerabatan dan Papua, urutan terakhir non Papua,” jelasnya.

Melihat jumlah pengurus dan karyawan YPMAK sekarang sangat jauh berbeda dengan kebutuhan saat masih berstatus lembaga yang mempekerjakan 134 karyawan. Perubahan itu mengikuti sifat yayasan yang kini menjadi yayasan donatur, bukan lagi penyelenggara program, sehingga kebutuhan berkurang menjadi hanya 37.

Meskipun jumlahnya sedikit, Vebian yakin 37 orang karyawan ditambah 5 pengurus bisa bekerja dengan baik, memberi kontribusi kepada yayasan yang melaksanakan fungsi perencanaan, anggaran dan pengawasan. Program diselenggarakan oleh mitra, tidak lagi oleh yayasan.

“Skema berubah tapi fokus pelayanannya tidak berubah tetap pada masyarakat tiga bidang utama, pendidikan, kesehatan, ekonomi,” tegasnya.

Setelah pengumuman ini, nama yang dinyatakan lulus dalam minggu ini atau pekan depan bisa langsung komunikasi dengan pengurus yang memang sudah aktif bekerja dibantu karyawan kontrak yang diperpanjang 36 orang. Nama yang lulus diharap langsung aktif bekerja sambil menjalani tes kesehatan.

Ditambahkan Vebian, karyawan ini masih didominasi atau sekitar 65 persen wajah lama yang merupakan karyawan eks LPMAK. Sekitar 35 persen adalah wajah baru. Penentuan itu berdasarkan hasil seleksi.

Ia juga menegaskan bahwa yang memutuskan lulus tidaknya pelamar bukan pengurus, tapi mitra penyelenggara seleksi. Pengurus hanya menerima hasil dan mengumumkan. Vebian juga tidak menampik jika setelah pengumuman akan ada pro dan kontra tapi itu dianggapnya hal biasa.

“Kami harapkan juga mereka harus lihat baik, menerima keputusan ini kemudian mendukung semua proses yang ada, sehingga yayasan ini bukan penyelenggara program lagi tapi pelaksana program itu melalui mitra. Sehingga peluang kerja ada di mitra penyelenggara program,” tutup Vebian.(sun)