Beranda Seputar Mimika

Sikapi Penemuan Pasien Positif Corona, Kelurahan KK Lakukan Sosialisasi

BAGIKAN
Kepala Kelurahan Kuala Kencana, Suto Rontini didampingi staf, Polsek dan petugas kesehatan Puskesmas Jile Ale saat melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 ke warga.

TIMIKA – Menyikapi penemuan satu pasien positif mengidap Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di area Kelurahan Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana, aparat kelurahan sigap melakukan sosialisasi upaya pencegahan kepada warga. Dipimpin langsung Kepala Kelurahan Kuala Kencana, Suto Rontini didampingi staf, aparat pemerintah distrik, anggota Polsek dan petugas kesehatan Puskesmas Jile Ale, langsung ke lapangan untuk melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 ke warga.

Saat dihubungi Radar Timika, Kamis (2/4) via telepon, Suto Rontini mengatakan pekan lalu di Hari Sabtu, bersama pihak-pihak terkait pihaknya melakukan sosialisasi sebagai upaya pencegahan Covid-19 tidak menyebar kepada warganya di semua RT yang ada di Kelurahan Kuala Kencana.

“Kita datangi setiap RT, kita imbau bagaimana supaya taati dan patuhi imbauan pemerintah,” ujarnya.

Dikatakan Suto, selain sosialisasi sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kuala Kencana, pihaknya juga memasang imbauan lewat spanduk-spanduk untuk edukasi, penyampaian kepada masyarakat.

Lewat imbauan ini pihaknya lebih fokus soal social distancing dan bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan salah satunya mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktifitas.

Selain sosialisasi dan pemasangan spanduk imbauan untuk pencegahan Covid-19, langkah lain yang akan ditempuh adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dengan kerja sama facility management PT Freeport Indonesia (PTFI). Namun, karena situasi Kamtibmas pasca kejadian penembakan di area Kuala Kencana, maka kegiatan ini sebut Suto, ditunda sementara waktu.

“Kami bersama pihak Facility Manajement PT Freeport akan lakukan penyemprotan disinfektan, namun karena adanya gangguan Kamtibmas waktu itu, maka agenda ini kami tunda dulu,” ujarnya.

Disebutkan Suto, jika melihat adanya penemuan pasien positif Covid-19 di area Kuala Kencana, sudah dilakukan langkah cepat dengan mensterilkan rumah yang bersangkutan. Sementara keluarga yang bersangkutan sudah dikarantina di Wisma Atlet di SP 2-SP 5. Rumah yang bersangkutan sudah disterilkan oleh facility management.