oleh

Distrik Diminta Aktif Sosialisasi Bahaya Covid-19

TIMIKA-Staf Khusus Bupati Mimika Bidang Hubungan Masyarakat, Anton Yolemal mengatakan, merebaknya Covid-2019 di Mimika, tidak membuat rasa takut masyarakat yang berada di wilayah distrik Mimika Timur.

Di saat masyarakat lebih memilih tinggal dirumah, masyarakat di distrik Mimika Timur, tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, timbul pertanyaan apakah sudah dilakukan sosialisasi oleh pemerintah distrik dan kampung. Atau hingga saat ini masyarakat belum mendapat sosialisasi terkait Covid-19.

Kenyataan jika masyarakat di wilayah tersebut masih banyak yang melakukan aktivitas di luar rumah, dan belum melaksanakan instruksi bupati untuk membatasi diri dan tetap melakukan aktivitas dari rumah masing-masing, sesuai dengan hasil kunjungan langsung tim internal pemerintah daerah pada Kamis (2/4).

“Kami kunjungan ke Distrik Mimika Timur, masyarakat di sana itu tenang beraktivitas seperti biasa dan tidak takut. Kami ini takut corona ini, tapi masyarakat biasa, mereka tidak pakai masker,”ujar Anton.

Diungkapkan Anton, hal ini tentu saja menjadi perhatian dan masukkan kepada Bupati dan wakil bupati serta tim gugus, untuk memerintahkan kepada pemerintah distrik, pemerintahan kampung dan kelurahan untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Bupati sebutnya, diharapkan bisa menginstruksikan semua kepala-kepala distrik, agar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing mengenai bahaya Covid-19.

“Diharapkan bupati dan wakil bupati bicara sama kepala-kepala distrik, supaya mereka bisa membantu menyampaikan kepada masyarakat, supaya mereka bisa sesuaikan dengan budaya mereka,” jelasnya.

Lanjutnya, tidak menutup kemungkinan virus tersebut bisa masuk ke Miktim melalui aktivitas jual beli hasil tangkapan, dan juga melalui jalur laut. Walaupun adat dan budaya sangat kuat. Namun perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini. Yang mana, pada situasi seperti saat ini alangkah lebih baiknya mencegah daripada mengobati.

“Masyarakat yang ada disana harus diperhatikan juga. Mereka di sana tidak biasa pakai masker, dan tidak pernah ke mana-mana,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Timur, Marikke Warinussy saat dikonfirmasi Radar Timika, Jumat (3/4) mengatakan, pihaknya bersama pihak-pihak terkait seperti Polsek Mimika Timur, Danramil Mapurujaya, Puskesmas Mapurujaya, Polairud sendiri sudah melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam sosialisasi yang dilakukan langsung di tengah-tengah masyarakat ini, Marikke mengatakan pihaknya memberikan pengertian agar mereka bisa lebih menjaga kebersihan, untuk upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19.

“Kami sudah lakukan sosialisasi dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Kami harapkan masyarakat kami juga mengerti untuk bersama-sama melawan covid-19 ini,” pungkasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *