Beranda Metro Timika

Kapalas: Warga Binaan Yang Dapat Asimilasi Agar Berperilaku Yang Baik di Masyarakat

BAGIKAN
ASIMILASI- Penyerahan berkas asimilasi oleh Kalapas Kelas IIB Timika, Marojahan Doloksaribu, SH kepada warga binaan, Sabtu lalu. (Ist Lapas Timika for Radar Timika)

TIMIKA- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Timika, Marojahan Doloksaribu, SH berharap agar para warga binaan yang kini telah menerima asimilasi, dan telah kembali ke tengah-tengah masyarakat, agar dapat menunjukkan perilaku yang baik saat berbaur di tengah-tengah masyarakat.

“Harapan kami bahwa mereka (Warga binaan-red) yang telah menerima asimilasi dan sudah pulang ke rumah masing-masing, supaya tetap berperilaku yang baik dan tetap jaga nama baik Lapas Timika. Lalu bisa membuat hal-hal yang positif di masyarakat. Lebih bagus juga kalau apa yang telah mereka dapatkan di Lapas, bisa mereka aplikasikan di tengah masyarakat,”jelas Kalapas saat dikonfirmasi Radar Timika, Minggu (5/4) kemarin

Ia juga menguraikan, bahwa hingga Sabtu (4/4) sore total warga binaan Lapas Kelas IIB Timika, yang sudah mendapatkan asimilasi dan telah kembali ke rumah masing-masing berjumlah 42 orang.

Dengan perincian antara lain, Kamis (2/4) berjumlah 5 orang, Jumat (3/4) berjumlah 20 orang dan Sabtu (4/4) berjumlah 17 orang.

“Sudah habis kemarin sore (Sabtu red) sampai magrib, Hari Senin nanti kita cek lagi, mana tahu ada yang belum dan menunggu eksekusi dari jaksa,”kata Doloksaribu.

Untuk diketahui bahwa proses asimilasi terhadap warga binaan di sejumlah Lapas di seluruh Indonesia termasuk Lapas Kelas IIB Timika, dilakukan setelah adanya Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pemberian Asimilasi dan Integrasi bagi warga binaan yang sudah memenuhi syarat. (tns)