Beranda Utama

PDP di Tembagapura Positif Covid-19, Kasus Bertambah Jadi Sembilan

BAGIKAN
Reynold Ubra

“Sampai jam 20.00 malam ini, kami belum menerima laporan hasil lab yang dirujuk oleh RSUD Mimika, termasuk satu kasus PDP yang meninggal dan dinyatakan positif COVID 19 oleh Provinsi Papua,” ujar Reynold.


TIMIKA – Kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika yang dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium bertambah lagi. Salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Tembagapura dinyatakan positif, sehingga jumlah kasus di Mimika sampai Selasa (7/4) kemarin sudah bertambah menjadi 9 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Mimika, Reynold Ubra dalam keterangannya kepada media mengatakan, sebelumnya RS Tembagapura mengirim lima sampel PDP yang dirawat. Tiga diantaranya sudah ada hasil, dimana satu orang positif Covid-19 dengan inisial DA berusia 50 tahun.

Sedangkan dua pasien dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi Covid-19 dengan inisial masing-masing LW, laki-laki berusia 35 tahun dan BP yang juga laki-laki usia 38 tahun. Dengan demikian masih tersisa dua orang PDP dari RS Tembagapura yang masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Bukan hanya sampel tiga PDP di Tembagapura yang masih menunggu hasil pemeriksaan. RSUD Mimika juga masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk beberapa sampel yang sudah dikirim. Termasuk sampel PDP yang sudah meninggal. “Sampai jam 20.00 malam ini, kami belum menerima laporan hasil lab yang dirujuk oleh RSUD Mimika, termasuk satu kasus PDP yang meninggal dan dinyatakan positif COVID 19 oleh Provinsi Papua,” ujar Reynold menerangkan perbedaan data yang disampaikan provinsi.

Sampai kemarin, jumlah pasien yang diisolasi di RSUD Mimika berjumlah 13 orang atau terjadi penambahan dua orang baru. Sedangkan RS Tembagapura yang masih diisolasi di rumah sakit sebanyak 4 orang, sedangkan satu orang isolasi mandiri dalam pengawasan.

Reynold menjelaskan, PDP yang baru ditemukan kemarin ada empat orang. Sedangkan satu orang ODP dinaikkan statusnya sebagai PDP. Sehingga secara keseluruhan jumlah PDP berjumlah 56 orang. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang baru ditemukan ada 14 orang sehingga secara keseluruhan berjumlah 82 orang. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) juga bertambah 22 orang sehingga sudah mencapai 146 orang.

Reynold mengatakan, jumlah orang yang diisolasi di shelter sebanyak 21 orang atau ada penambahan satu orang yang masuk dalam kategori PDP ringan. Dari 14 ODP baru dilaporkan oleh RSUD Mimika 7 orang, Puskesmas Timika satu orang, Puskesmas Timika Jaya ada 3 orang dan Puskesmas Wania sebanyak satu orang.

Selain tambahan PDP di RSUD Mimika ada juga penambahan PDP di salah satu rumah sakit swasta ada satu orang dan Puskesmas Timika ada satu orang. Untuk OTG 22 orang dilaporkan Puskesmas Wania 3 orang, Puskesmas Jileale 2 orang, Puskesmas Pasar Sentral 9 orang dan 7 orang berasal dari pencarian kontak. (sun)