Beranda Utama

Pimpinan OPD Sudah Jalani Rapid Test

BAGIKAN

TIMIKA – Selain Bupati, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika juga sudah melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan metode rapid test. Rapid test dilakukan Senin (6/4) lalu saat rapat terbatas bersama Bupati Mimika.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Mimika, Reynold Ubra kepada wartawan mengatakan, rapid test kepada pimpinan OPD dilakukan karena pertimbangan tuntutan tugas sehingga harus hadir di beberapa kota yang dinyatakan terjangkit seperti Jakarta. “Jadi perlu kita tahu juga,” katanya.

Layanan rapid test ditangani langsung oleh tim dari RSUD Mimika. Hampir semua pimpinan OPD dikatakan Reynold sudah menjalani test. Hanya saja untuk hasilnya belum diketahui secara pasti. “Belum dikonfirmasi berapa yang positif dan negatif,” ujarnya.

Selain pimpinan OPD, rapid test juga dilakukan untuk dua orang warga Mapurujaya, Distrik Mimika Timur yang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) karena memiliki riwayat kontak dengan salah satu pasien Covid-19.

Hasil pemeriksaan dua PDP di Miktim itu kata Reynold memang negatif. Tapi itu belum bersifat final karena rapid test untuk mengukur antibodi. Sehingga test harus dilakukan beberapa kali. Sesuai protap rapid test dilakukan dua kali setelah kontak dengan pasien positif. “Selama negatif tetap diperlakukan bahwa sudah terinfeksi dan bisa menyebarkan virus ke orang lain,” kata Reynold.

Distrik Mimika Timur ditambahkan Reynold kini menerapkan isolasi wilayah. Warga juga menjalani karantina rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Isolasi wilayah dipantau langsung oleh tim gugus Distrik Mimika Timur dalam hal ini pemerintah distri, Polsek, Koramil dan Puskesmas. (sun)