oleh

Oknum Security Disebut Jadi Koordinator Logistik KKB di Mimika

TIMIKA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan, satu orang security yang diamankan pada Kamis 9 April 2020 lalu adalah Koordinator Bidang Logistik untuk KKB di Mimika.

Ia pula yang diduga kuat menjadi perantara informasi sebelum KKB pimpinan Joni Botak, dalam melakukan penyerangan di OB Kuala Kencana, 30 Maret silam.

Kapolda Paulus Waterpauw dalam rilis pers sejumlah kasus KKB di Kabupaten Mimika, Kamis (16/4) di Mako Brimob Batalyon B Pelopor Timika menjelaskan, pelaku yang menjabat security berinsial IS mengaku adalah salah satu anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika.

Ivan juga disebutnya mengaku bertiga sebagai pemasok logistik dan pemberi informasi, sebelum penyerangan di OB Kuala Kencana dilakukan.

“Kecurigaan kami ada pihak yang mengarahkan KKB masuk ke pusat OB, ternyata betul. Hasil pemeriksaan penyidik ternyata dia bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga memberikan logistik ke KKB,” jelas Kapolda Paulus Waterpauw.

Dari hasil pengembangan penyelidikan, diketahui juga Ivan menduduki jabatan sebagai penasehat di KNPB Mimika. Sementara di KKB, dirinya menjadi Komandan Logistik.

“Yang bersangkutan juga diketahui sempat memberikan fasilitas tempat tinggal, terhadap Abu Bakar Kogoya dan teman-temannya,” ungkapnya.

Kapolda Paulus Waterpauw menyatakan, IS telah mengaku memberikan informasi, terkait penggeseran pasukan pengamanan termasuk memberikan informasi terbaru, posisi aparat keamanan di sekitar Kuala Kencana.

“Yang bersangkutan setelah dicek, kerap kali juga melakukan postingan yang mendukung gerakan organisasi Papua Merdeka. Termasuk memberi informasi ke Sebi Sambom, yang mengaku Jubir TPN OPM dan UWLPP serta Veronika Koman,” tutup Kapolda.

Untuk sementara waktu, IS masih diitahan di Polres Mimika sebagai titipansementara Polda Papua, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *