oleh

PHBI Sarankan Ceramah Online Selama Ramadan

TIMIKA – Pengurus Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, menyarankan setiap Organisasi Masyarakat Islam maupun DKM se Kabupaten Mimika, untuk melaksanakan kajian Islam rutin Dalam Jaringan (Daring) atau online. Kajian keislaman selama Bulan Ramadan dinilai tetap perlu jalan dengan mengedepankan terobosan agar bisa tersalurkan kepada umat.

Sekretaris PHBI Kabupaten Mimika, Roni Irnawan, Rabu (21/4) kemarin menyebut, pihaknya sendiri telah menyiapkan satu program yakni kajian keislaman secara daring yang akan dilakukan pada malam hari selama Ramadan. Namun setelah mendengar penjelasan mengenai dampak Covid-19, maka pihaknya berharap kajian keislaman online tersebut diprogramkan masing-masing oleh Ormas Islam dan DKM setempat.

“Secara mekanisme, mereka lah yang lebih paham. Maksud kami, kajian ini penting selama Ramadan dan sebaiknya bisa sampai kepada semua umat. Jadi kajian ini tidak ditiadakan sama sekali,” ujarnya.

“Dengan kajian yang dirancang sedemikian rupa, ada makna Ramadan yang tetap terasa bagi umat Islam di masa pandemik seperti sekarang ini,” sambung Roni.

Kajian keislaman yang dimaksud Roni, jelasnya, adalah kajian Islam atau kultum yang biasanya digelar sebelum salat tarawih dijalankan. “Kajian ini yang kita maksudkan secara online. Kalau aturan tarawihnya bisa berjalan di rumah masing-masing,” jelasnya.

PHBI sendiri katanya sebelumnya juga sudah memprogramkan siapa nama-nama ustad yang akan menyampaikan kajian Islam. Namun hal tersebut masih mungkin akan berubah. “Bisa jadi dilakukan oleh kami itu per pekan. Mungkin awal pekannya itu disampaikan oleh Ketua MUI disusul para ulama yang lain,” terangnya.

Dikembalikannya agenda kajian keislaman kepada Ormas Islam dan DKM, tidak terlepas dari anggapan bahwa umat masing-masing lebih dipahami tipikalnya oleh pihak yang dimaksud. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *