oleh

TP PKK Bagikan 3 Ribu Paket Sembako

TIMIKA – Baru sekitar seminggu dilantik, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mimika langsung menjalankan program kegiatan seperti yang diamanatkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH dalam membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, TP PKK Mimika menjalankan program pembagian sembako kepada warga terdampak sebagai pengamanan jaringan sosial. Dengan harapan warga tetap berada di rumah sesuai instruksi Pemda Mimika.

Pembagian paket sembako digelar, Kamis (23/4) dan dilepas oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM bersama Pj Sekda Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Mimika, Ny Suzy Herawaty Rettob dan Wakil Ketua III, Ny Anjelina Paiding serta pengurus TP PKK Mimika lainnya.

Sebagai Dewan Penyantun TP PKK Mimika, Wakil Bupati, Johannes Rettob, SSos MM sangat mengapresiasi TP PKK Mimika yang mau mengambil bagian dalam pencegahan Covid-19. Dimana sebelumnya TP PKK sudah membagikan Alat Pelindung Diri (APD) ke beberapa fasilitas kesehatan baik Puskesmas maupun rumah sakit.

TP PKK lanjutnya, kembali mengambil bagian dengan menyasar masyarakat yang terdampak dengan memberi sumbangan. Menurutnya ini cara yang sangat tepat dalam rangka pencegahan dengan memastikan ketahanan pangan keluarga.

Pemda Mimika kata Wabup Rettob memang belum menyalurkan bantuan untuk dua distrik yakni Mimika Baru dan Wania. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluh belum mendapat bantuan. Adapun bantuan yang dibagikan kepada warga tertentu dilakukan oleh relawan atau organisasi kemasyarakatan. Termasuk yang dilakukan TP PKK Mimika.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Mimika, Ny Suzy Herawaty Rettob mengungkapkan ada 3 ribu paket sembako yang dibagikan kepada warga di sejumlah titik. Pengurus dibagi dalam lima tim untuk membagi di lokas yang berbeda. Setiap tim dipimpin oleh masing-masing Ketua Pokja. “Masing-masing ketua pokja memimpin tim yang sudah kita bagi lokasinya. Jadi masing-masing ketua pokja bertanggungjawab,” terangnya.

Seperti Pokja I yang menyalurkan bantuan di wilayah Kelurahan Kebun Sirih, yang dipimpin oleh Ketua Pokja I, Ny Besty Hasibuan bersama Sekretaris Pokja I, Ny Yohana Lumai dan anggota lainnya. Di Kelurahan Kebun Sirih total ada 300 paket yang dibagikan kepada masyarakat melalui koordinator yang mendata masyarakat.

Ny Suzy Rettob mengungkapkan bantuan diprioritaskan kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan dan terdampak Covid-19 karena pemerintah memberlakukan pembatasan sosial sehingga banyak warga yang kehilangan mata pencaharian. Dimana pengurus sudah melakukan pendataan terlebih dahulu melalui koordinator di setiap lokasi yang ditentukan.

Memang sebagian besar bantuan ditujukan kepada orang asli Papua tapi dikatakan Suzy, ada juga masyarakat non Papua yang memang membutuhkan diberi bantuan seperti tukang ojek dan lainnya. Penyaluran bantuan tidak melalui RT atau lurah, tapi langsung kepada warga melalui koordinator. “Mana yang perlu dibantu dan kita juga dibantu aparat keamanan bantu. Kita terjun langsung tidak melalui RT dan lurah,” ujar Suzy.

Ia berharap, bantuan yang sudah disalurkan bisa tepat sasaran bagi orang yang memang membutuhkan. Dengan harapan 3 ribu paket bisa membuat warga tetap di rumah di tengah pandemi Covid-19. Sehingga lewat kegiatan ini TP PKK bisa membantu Pemda Mimika memutus rantai penularan Covid-19.

Sekretaris TP PKK Mimika, Ny Leentje Paiman menambahkan sebelum pembagian sembako, TP PKK Mimika atas dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati Mimika sebagai dewan penyantun sudah memberikan bantuan APD baju hazmat dan masker N95 kepada fasilitas kesehatan.

Selanjutnya TP PKK Mimika memberikan bantuan bahan makanan kepada masyarakat di lima titik berbeda. Ada 3 ribu paket dengan jenis bantuan berupa beras, mie instant, minyak goreng, gula, susu, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi hingga bumbu dapur. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *