Beranda Lintas Papua

Pimpinan DPRD Puncak Resmi Dilantik

*Menggunakan Fasilitas Teleconference

BAGIKAN
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Nabire, Erenst Jannes Ulaen, SH MH menggunakan fasilitas taleconference yang dihubungkan ke DPRD Puncak di Ilaga, saat peresmian dan sumpah janji pimpinan DPRD Puncak periode 2019-2024, Jumat (24/4).

ILAGA – Meski kondisi di Kabupaten Puncak masih dalam suasana pembatasan sosial dampak dari pencegahan virus corona (Covid-19), namun proses pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Puncak periode 2019-2024 yang sempat tertunda beberapa bulan lalu, akhirnya dilakukan, Jumat (24/4).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Nabire, Erenst Jannes Ulaen, SH MH, dengan menggunakan fasilitas taleconference, dihubungkan ke ruang rapat DPRD Puncak, Ilaga.

Pelantikan tersebut melalui rapat pripurna DPRD Kabupaten Puncak, dalam rangka peresmian, pengangkatan dan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD periode 2019-2024.
Tiga pimpinan tersebut, yaitu Lukius Newegalen, SIP sebagai Ketua DPRD, Manase Wandik, SE sebagai Wakil Ketua 1, Elpiau Hagabal, SSos, sebagai Wakil Ketua II.

Bupati Puncak, Willem Wandik dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Pelinus Balinal, SSos Ag mengatakan, acara peresmian yang dilaksanakan kali ini merupakan yang pertama kali di Kabuten Puncak, dimana pelantikan dilakukan secara visual atau online dengan jarak jauh, yang disebabkan oleh kondisi pandemi wabah Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia.

“Kondisi ini pulalah yang menyebabkan sehingga acara peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Puncak ini mengalami penundaan beberapa waktu, sehingga solusinya peresmian dilakukan secara online pada hari ini (Jumat),” ujar Wakil Bupati.

Lanjut Pelinus Balinal, acara pelantikan atau peresmian secara online yang dilaksanakan dalam masa pendemi Covid-19 ini tetap sah, karena sudah diatur pelaksanaannya dalam Surat Edaran (SE) Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia nomor 10/SE/IV/2020, tentang pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan melalui media elektronik/taleconference pada masa status keadaan tertentu, darurat bencana, wabah penyakit akibat virus corona.

“Sehingga mengacu pada surat edaran kepala BKN RI ini, maka pelaksanaan peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Puncak periode 2019-2024 ini adalah sah dan sama derajat keabsaanya sebagaimana dilakukan selama ini,” tuturnya.

Wakil Bupati juga menyampaikan selamat kepada para pimpinan dewan yang baru dilantik. Dirinya berharap agar keharmonisan dan kemitraan antara pemerintah kabupaten dan DPRD yang sudah terjalin baik pada DPRD periode sebelumnya, juga bisa terbina pada keanggotaan DPRD periode ini. Sebab keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh hubungan yang kondusif antara dua lembaga ini.

“Kedepan harapan saya sebagai kepala daerah adalah hubungan kerja yang baik ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan, sehingga proses perencanaan pembangunan dan distribusi anggaran serta pelaksanannya dapat dilakukan secara efisien, efektif dan terukur, untuk mengejar ketertinggalan dalam seluruh aspek pembangunan di Kabupaten Puncak,” pungkasnya.(Diskominfo Puncak)