oleh

Dukung Pemerintah, Dewan Diharap Pro Aktif Monitoring

TIMIKA – Ditengah merebaknya Covid-19, 35 anggota DPRD Mimika diharapkan pro aktif dalam keikutsertaannya mengawasi perkembangan penanganan virus mematikan ini. Pekan depan, 35 anggota dewan diminta sudah mulai menjalankan tugasnya dalam fungsi pengawasan dan motoring terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya oleh tim gugus penanganan Covid-19 di Timika.

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua II DPRD, Yohanis Felix Helyanan melalui sambungan telepon kepada Radar Timika, Minggu (26/4).

Diungkapkan Jhon Tie, dengan pemberlakuan kebijakan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, seluruh anggota dewan diminta juga untuk menjalankan fungsi pengawasan dan monitoring.

Lanjutnya, monitoring sendiri bisa dilaksanakan dengan ikut melihat sejauh mana penerapan kebijakan pengurangan aktivitas di luar rumah, perkembangan pencegahan Covid-19 oleh tim gugus serta dampaknya bagi masyarakat atas kebijakan pemerintah tersebut.

Untuk pengawasan dan monitoring sendiri sebut Jhon Tie, memang tetap akan dilakukan walaupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) belum diparipurnakan. Namun, atas petunjuk dari Pemprov Papua, AKD ini sudah bisa difungsikan karena sudah ditetapkan secara intern dan berita acara sendiri juga sudah ditandatangani oleh dewan.

“Saya harapkan teman-teman (anggota dewan) sudah bisa menjalankan fungsinya, mulai pekan ini, saya berharap juga dengan situasi seperti ini, ketua-ketua komisi sudah bisa mengambil langkah apa yang mereka mau laksanakan,” jelasnya.

Dikatakan Jhon Tie, keterlibatan fungsi pengawasan dan monitoring oleh tim gugus sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan adanya program kerja yang dilakukan oleh tim gugus penanganan Covid-19 yang diantaranya pada penggunaan anggaran daerah, dewan perlu juga untuk mengetahui sejauh mana kinerja oleh tim gugus yang sudah mereka laksanakan sejauh ini.

“Saya berharap teman-teman dewan sudah bisa menjalankan fungsi monitoring dan pengawasannya ya, karena saya lihat grafik Covid-19 ini semakin meningkat, banyak, kita juga perlu tahu gimana, dewan juga perlu monitoring itu,” ungkapnya.

Politisi PDIP ini mengatakan, pengawasan kepada program penanganan Covid-19 ini memang perlu dilaksanakan, mengingat hal ini juga menggunakan anggaran daerah.

Jhon Tie sendiri mengapresiasi kinerja dari tim gugus penanganan Covid-19 yang selama ini dianggapnya bekerja dengan sangat maksimal. Kinerja tim gugus penanganan Covid-19 ini sangat diapresiasi karena dapat melakukan tracking pasien Covid-19.

Jika semua kasus Covid-19 mulai dari Orang Dengan Gejala sampai Positif Covid-19 ditemukan, menurut Jhon Tie, hal ini akan sangat baik agar wabah ini bisa segera diputus mata rantainya dan selesai.

“Kita lihat kinerja gugus ini luar biasa, sehingga penjajakan tracking bisa mendapatkan hasil maksimal,” sebutnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *