oleh

KPK Beri Yelin ke Warga Kei di Timika

TIMIKA – Komunitas Pemuda Kei (KPK) Kabupaten Mimika, menyambangi sejumlah rumah warga suku Kei di Timika untuk memberikan bantuan. Bantuan berupa Sembako diberikan pada warga tersebut pada Sabtu (25/4) lalu.

Ketua KPK Kabupaten Mimika, Yoseph Temorubun, SH menyampaikan, Sembako yang diberikan kepada warga Kei dikhususkan kepada para janda, anak yatim-piatu dan duda. Termasuk mereka yang kurang mampu.

“Pembagian kami lakukan dari Muare ke dalam kota khususnya di Wania, Mimika Baru dan seluruh dalam kota baik itu kompleks Kei,” ujarnya.

Kegiatan selama sehari penuh tersebut diklaimnya berjalan dengan aman. “Berbagai animo dan dukungan seluruh warga besar. Pemberian Sembako ini dinilai hal yang partisipatif dan inovatif oleh kami KPK,” jelasnya.

Sembako dibagikan, kata Yoseph, atau secara adat Kei disebut Yelin. Dimana Yelin diberikan oleh berbagai tokoh Kei di Timika. Seperti Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dan sebagian kepala-kepala dinas.

“Mereka berikan sumbangan atau Yelin yang kami teruskan kepada warga. Yelin ini juga diberikan pekerja dan pegawai di Timika termasuk anggota kami di KPK sendiri,” ungkap Yoseph.

“Ada yang beri dalam bentuk Sembako. Ada juga yang bentuknya uang. Yelin ini adalah tradisi yang ingin kami lestarikan, khususnya di kalangan anak muda,” sambungnya.

Yelin dijelaskan Yoseph, biasanya berlaku untuk warga yang misalnya sedang membangun rumah atau punya usaha yang akan dirintis. Yelin dikatakannya diberikan oleh keluarga. Maka sebagai anak muda, hal inilah yang dilakukan sebagai pertunjukan kepada warga Kei baik yang telah lama berada di Timika maupun datang untuk merantau untuk bisa melestarikannya.

“Kami mengaktualisasikan semboyan Ain ni Ain. Satu punya susah, semua punya susah. Satu punya senang, semua punya senang. Kami memberi dari kekurangan kami,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *