oleh

Disdik: 50 SD dan SMP Belum Serahkan LPJ Dana BOS Sebelumnya

TIMIKA – Meski penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun 2020 ini langsung ditransfer Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke sekolah, namun hal ini tidak serta merta membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten tidak bisa melakukan kontrol terhadap penggunaan dana tersebut.

Sebelum Kemendikbud mentransfer dana BOS, sekolah harus mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan, dimana surat rekomendasi tersebut diberikan Disdik apabila sekolah sudah menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS sebelumnya. Pasalnya penyaluran dana BOS tahun ini dilakukan dalam tiga tahap.

Khusus di Kabupaten Mimika, dari 195 sekolah SD dan SMP masih ada sekitar 50 lebih sekolah yang belum mendapatkan surat rekomendasi pencairan dana BOS karena memang belum menyerahkan laporan pertanggungjawabannya.

“Kalau penyaluran Dinas Pendidikan tidak tahu, karena langsung dari Kementerian ke Provinsi langsung masuk ke rekening sekolah. Tetapi kontrol itu ada. Dinas Pendidikan mengeluarkan rekomendasi kepada sekolah yang sudah mempertanggung jawabkan. Ada banyak yang belum mengambil surat rekomendasi karena mereka belum bertanggung jawab,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Jeni O Usmani, Rabu (30/4).

Di situasi pandemi virus corona (Covid-19) ini pun Disdik telah memberikan keringanan kepada sekolah yang belum menyerahkan laporannya untuk mengirim laporan tersebut melalui email. Namun keringanan ini pun tidak disambut baik. Sehingga lanjut Jeni, bahwa bukan salah Disdik jika sekolah tersebut tidak atau lambat mendapatkan transferan dana BOS dari pusat.

Penggunaan dana BOS harus jelas dan harus dipertanggungjawabkan. Bisa dipakai untuk memperlancar pembelajaran dengan membeli pulsa kepada siapa yang benar-benar membutuhkan, contohnya kepada siswa yang memang tidak memiliki pulsa data untuk membuka tugas yang dikirimkan oleh guru melalui online.

“Jadi kendalanya disitu, bukan kita mempersulit tapi itu memang sudah persyaratannya. Tujuannya pun harus jelas kepada siapa dan untuk apa,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *