oleh

Anggaran Rp 30 M untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Covid-19

TIMIKA – Rehabilitasi dan rekonstruksi pasca pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian serius Pemda Mimika. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pada APBD Perubahan 2020 akan diajukan anggaran sampai Rp 30 miliar untuk penanganan pasca Covid-19 nantinya.

Kepada BPBD Mimika, Yosias Lossu didampingi sekretaris, Lefinus Siahaya di Kantor DPRD mengatakan, selain kegiatan pencegahan Covid-19 dengan sosialisasi sampai penyediaan sarana tangki air untuk fasilitas cuci tangan, pihaknya juga sudah memikirkan langkah selanjutnya untuk penanganan pasca pandemi Covid-19 ini.

“Anggarannya nanti yang kita ajukan di APBD-P 2020, Rp 30 miliar untuk BPBD dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca Covid-19,” ujar Yosias.

Hal senada diungkapkan Lefinus Siahaya. Menurutnya, DPRD diharapkan mendukung penuh pengajuan anggaran untuk kepentingan penanganan Covid-19 ini, terlebih pada program pasca pandemi.

Dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak DPRD sendiri kata Lefinus, secara terbuka para anggota dewan juga sudah menyetujui dan akan mendukung penuh anggaran untuk penanganan masalah Covid-19 ini.

“Tadi kami sudah RDP dengan para dewan, dan mereka setuju jika anggaran memang digunakan untuk kepentingan, kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Disebutkan Lefinus, program pasca Covid-19 ini berupa kegiatan rehabilitasi kepada anak-anak sekolah. Dimana, pihaknya akan memberikan edukasi dan hiburan dari trauma mereka selama masa pembatasan aktivitas untuk mencegah penyebaran Covid-19

“Untuk pulihkan mereka (anak-anak sekolah) punya psikologi, ini nanti yang akan kami laksanakan,” ungkapnya.

Selain kepada anak-anak sekolah, program lainnya yang akan dilaksanakan yakni dengan memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak dari sisi perekonomian agar bisa bangkit lagi dari keterpurukan selama masa pembatasan aktivitas di luar rumah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *