oleh

KPPN Sudah Membuka Pengajuan SPM THR

TIMIKA – Setelah mendapatkan payung hukum yang jelas, akhirnya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi abdi Negara seperti PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pegawai non PNS, penerima pensiun dan tunjangan, dapat dilakukan.

Khusus untuk pembayaran di daerah seperti di Kabupaten Mimika, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera (KPPN) Timika sebagai instansi keuangan yang diberi kewenangan untuk mencairkan pembayaran THR, sudah membuka pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) pembayaran THR mulai kemarin, Selasa (12/5).

“Payung hukumnya sudah keluar, yaitu nota dinasnya Nomor 343/PP/2020 Tanggal 11 Mei, jadi baru kemarin yah itu tentang hal-hal pembayaran THR. Jadi SPM mulai masuk ke kita mulai hari ini (kemarin),” kata Kepala KPPN Timika, Anggraini Latupeirissa saat dihubungi Radar Timika, Selasa (12/5).

Sementara untuk Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dipastikan akan keluar pada tanggal 14 Mei 2020 (besok), sehingga untuk pembayarannya bisa dilakukan tanggal 15 Mei sebagaimana aturan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Untuk pembayarannya pun kata Anggraini tidak menggunakan syarat lain selain pengajuan SPM dari masing-masing Satuan Kerja (Satker). Dan pembayarannya langsung masuk ke rekening masing-masing penerima seperti gaji.

“Jadi sebelum mengajukan SPM ke KPPN, Satker itu harus membuat SPM THR PNS, TNI/POLRI dan semua penerima mengajukan ke KPPN melakukan update GPP dan SAS versi terbaru. Kalau belum meng-update GPP dan SAS terbaru tidak bisa karena kita kerja sekarang ini melalui aplikasi, jadi harus update dulu baru bisa ajukan SPM,” jelasnya.

Adapun yang masuk dalam pembayaran THR tahun 2020 ini yakni gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Sementara untuk tunjangan Papua tidak termasuk.

“Khusus untuk Sabtu dan Minggu ini kami tetap buka layanan untuk membantu teman-tema yang mengajukan SPM THR ini. Kami akan tetap lembur untuk membantu karena layanan akan dibuka 24 jam via online,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *