oleh

Disdik Harap Sekolah Mengelola Dana BOS dengan Baik

TIMIKA – Dinas Pendidikan berharap sekolah mengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan baik, dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat di tengah pandemi Covid-19, yang diterapkan pemerintah pusat.

“Dalam Permendikbud yang baru ini sangat jelas yah kalau dana BOS bisa digunakan sekolah dalam rangka penanganan Covid-19 di sekolah, yang sebelumnya juga Mendikbud sudah mengeluarkan surat edaran tentang hal ini, bahwa dana BOS bisa digunakan untuk pengadaan barang sesuai dengan kebutuhan sekolah dalam pencegahan Covid-19 seperti alat kebersihan, hand sanitizer, disinfektan dan masker bagi warga sekolah dan pembiayaan pembelajaran daring,” kata Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni O Usmani, Jumat (8/5) lalu.

Selain itu, Dana Bos juga lanjut Jeni bisa digunakan untuk pembiayaan langganan daya dan dapat digunakan untuk pulsa, paket data serta layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Ia melanjutkan, sekalipun pencairan dana BOS tidak lagi melalui Disdik seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi Disdik masih memiliki hak untuk ikut memantau pengelolaannya.

“Kan untuk pencairannya kami masih memiliki tugas untuk memberikan surat rekomendasi, dan itu kami berikan kalau laporan pertanggung jawaban penggunaannya sudah ada. Jadi kami tetap memantaunya,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *